Walikota Madiun Himbau Warga Agar Tidak Boros Pangan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, H. Maidi, menghimbau warganya agar tidak boros pangan. Himbauan ini tertuang dalam surat edaran Nomor: 500/5302/401.113/2023.

Himbauan melalui surat edaran ini dalam rangka mendukung target ke-12 Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030 tentang Konsumsi dan Produksi yang bertanggung jawab, khususnya pada target 12.3.

“Yaitu mengurangi hingga setengahnya limbah pangan per kapita global di tingkat ritel dan konsumen dan mengurangi kehilangan pangan sepanjang rantai produksi dan pasokan termasuk kehilangan saat pasca panen,” tulis surat edaran tersebut.

Maka, masih dalam surat himbauan ini, diperlukan upaya melakukan sosialisasi dan promosi “Stop Boros Pangan” kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat di Kota Madiun. Termasuk himbauan untuk menghabiskan isi piring, stop membuang pangan, dan gerakan berbagi pangan.

Kemudian mendukung, memfasilitasi, dan mengampanyekan upaya pencegahan pemborosan makanan yang masih aman dan bergizi untuk dikonsumsi dengan memasang banner, leaflet, spanduk, atau media lainnya di tempat atau ruang jamuan makan dengan menggunakan template bertema “Stop Boros Pangan”.

Berikutnya, melaksanakan cara penanganan pangan yang baik guna mengurangi kehilangan pangan sepanjang rantai produksi, pasokan, hingga ke tangan konsumen.

Walikota juga menghimbau kepada masyarakat yang menyelenggarakan hajatan atau pesta agar bijaksana dalam menyuguhkan pangan sehingga tidak menimbulkan potensi pangan yang tersisa dan terbuang.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah tidak menyediakan pangan dalam bentuk prasmanan, tetapi dalam bentuk pangan yang dibawa pulang,” akhir himbauan tersebut. (Dibyo).

Ket. Foto: H. Maidi.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait