Walikota Madiun: Jangan Hanya Hafal, Sejarah Pancasila Juga Harus Tahu

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pancasila memiliki peran dan posisi penting dalam pemerintahan di tanah air. Bukan hanya dasar negara, tapi juga pandangan dan pedoman hidup.

Untuk itu, Walikota Madiun, Jawa Timur, H. Maidi, mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengamalkan setiap butir yang tertuang dalam Pancasila.

‘’Hari ini, tepat 74 tahun lalu, Pancasila lahir. Peringatan hari lahir ini wajib menjadi media refleksi dan evaluasi apakah kita semua sudah benar-benar mengamalkan Pancasila,’’ kata H. Maidi, usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman depan Balai Kota Madiun, Sabtu 1 Juni 2019.

Walikota berharap, peringatan bukan sekedar seremonial belaka. Namun, menjadi pelecut semangat untuk terus mengamalkan setiap sila dan butir yang tertuang dalam Pancasila. Hal itu penting. Karena setiap sila mengandung maksud dan tujuan yang mulia dan sesuai dengan pribadi bangsa serta mewakili keberagaman suku bangsa dari Sabang hingga Merauke.

‘’Pancasila sudah sesuai dengan ciri dan pribadi bangsa. Tidak perlu diragukan lagi,’’ tandasnya.

Ia juga mengajak masyarakat, khususnya generasi muda, juga mempelajari sejarah Pancasila agar memahami benar bagaimana proses dan apa itu Pancasila. Karena, Pancasila tidak muncul begitu saja. Namun, melalui proses panjang buah pemikiran para pendiri bangsa. Jua tidak langsung jadi. Butuh serangkaian koordinasi hingga melibatkan para alim ulama dan kiai. Hal itu dilakukan agar Pancasila benar-benar sesuai dengan ciri dan pribadi bangsa.

‘’Masyarakat tidak hanya wajib tahu apa itu Pancasila. Tetapi juga harus tahu proses dan sejarahnya dulu. Biar semuanya paham, Pancasila itu tidak perlu dipermasalahkan lagi,’’ ungkapnya.

Maidi kembali berharap, masyarakat dapat mengamalkan secara optimal butir-butir Pancasila yang sudah tertanam dalam pribadi masing-masing.

“Artinya, menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Kalau Pancasila sudah tertanam pada setiap pribadi, bangsa ini akan harmonis, guyup rukun, gotong royong, saling menghargai dan menghormati. Makanya, kita terus mengajak untuk mengamalkan Pancasila secara optimal,’’ pungkasnya.

Turut dalam upacara kali ini diantaranya Wakil Walikota, Inda Raya, unsur TNI-Polri dan ASN. (Sumber Kominfo. Editor: Dibyo).

Ket.Foto: H. Maidi (atas) Inda Raya (bawah kiri berjilbab).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *