Warkop Yang Pengunjungnya Ketahuan Positiv Covid-19 Tetap Buka

  • Whatsapp
Warkop di Jalan Gunungsari Surabaya yang tetap buka, walau salah seorang pengunjungnya didapati positif Covid-19 oleh Tim Gabungan Polda Jatim pada Selasa (14/4/2020) malam

SURABAYA, beritalima.com | Penularan virus Corona di Jawa Timur hingga Selasa (14/4/2020) malam tercatat positif 474 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1.498 orang, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 14.931 orang.

Dari angka itu, penularan terbanyak terjadi di Kota Surabaya, positif Corona 228 orang, PDP 536 orang, dan ODP 1.447 orang, disusul Sidoarjo dengan 45 pasien positif Corona, 104 PDP, dan 463 ODP, terus Gresik 18 orang positif, 85 PDP, dan 1.058 ODP, serta Lamongan positif Corona 25 orang, PDP 103 orang, dan ODP 247 orang.

Penularan Virus Corona di Surabaya cukup signifikan, disinyalir karena tingkat kepatuhan warga atas imbauan pemerintah/aparat untuk ikut melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 masih sangat rendah. Diketahui, masih banyak warkop yang buka, masih ada pula pengunjungnya, kendati tak seramai sebelum pandemi Covid-19.

Karena itulah, Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs. Luki Hermawan M.Si, Selasa (14/4/2020) malam memerintahkan seluruh jajaran untuk melakukan tindakan yang lebih tegas namun humanis.

Dan, seketika itu Tim Gabungan Polda Jatim di bawah kendali Karo Ops dan Dir Intelkam serta Kabidhumas yang dibantu dari Dinas Kesehatan Provinsi Jatim kembali melaksanakan patroli skala besar sekaligus melaksanakan rapid tes on the spot terhadap pengunjung warkop yang menjadi obyek sasaran operasi.

Kegiatan yang dimulai pukul 20.00 hingga pukul 22.30 ini menyasar warkop-warkop di Jalan Gunungsari dan Jalan Karah, Surabaya. Mendapati masih ada beberapa orang yang nongkrong di warkop-warkop itu, petugas langsung mengadakan rapid test kepada para pengunjung warkop.

Dari hasil rapid test ditemukan ada 2 pengunjung warkop yang terinfeksi Covid-19. Kedua pria positif Covid-19 ini langsung dibawa dengan menggunakan ambulan ke RS Bhayangkara Polda Jatim untuk tindakan medis lebih lanjut.

Sedangkan pengunjung warkop yang negatif, setelah diberikan pengarahan untuk segera pulang dan membersihkan diri dan merendam pakaian yang dipakai dengan deterjen guna menjaga keselamatan keluarga mereka dari penularan Covid-19.

Tidak hanya itu, petugas pun juga melakukan penyemprotan di warkop-warkop tersebut. Petugas juga meminta pada pengelola warkop untuk tutup sementara.

Akan tetapi, peringatan itu tidak diindahkan warkop di Jalan Gunungsari Surabaya, kendati salah seorang pengunjungnya ada yang Positiv Covid-19 dan langsung diangkut ke RS Bhayangkara Polda Jatim. Warkop yang baru disewa oleh pengelolanya ini, Rabu (15/4/2020), tetap buka seperti biasa. (Gan)

Pos terkait