Watu Ulo Pegon Digelar, Warisan Leluhur di Jember Sedot Ribuan Pengunjung

  • Whatsapp
Peserta Watu Ulo Pegon di Jember lagi persiapan (beritalima.com/istimewa)
Peserta Watu Ulo Pegon di Jember lagi persiapan (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Watu Ulo Pegon digelar di pantai wisata, berhasil menyedot ribuan pengunjung.

Meskipun terik panas matahari menyengat, para pengunjung nampak antusias menyaksikan pagelaran Pegon di Wisata Pantai Watu Ulo Jember, Minggu (7/5/2023).

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam pagelaran Watu Ulo Pegon (Waton) Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Jember, Widodo Julianto beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Hari ini, kita sengaja hadir untuk bersama-sama menyaksikan Waton yang merupakan warisan leluhur,” katanya.

Menurutnya, pegon merupakan transportasi barang tradisional yang nyaris tergerus modernisasi.

“Sejarah adanya Festival Pegon berangkat dari tradisi yang digelar pada 1989,” tuturnya. Tepatnya, digelar pada hari ketujuh Hari Raya Idul Fitri atau pada saat Kupatan.

Pada saat itu, orang-orang dengan menaiki pegon berjalan berarak-arakan menuju pantai. Sambil lalu, menikmati pantai dengan memakan berbagai hidangan ketupat.

“Festival ini hanya bisa dinikmati setahun sekali,” tegasnya. Untuk itu, perlu benar benar dilestarikan. Tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, yakni menjadi tanggung jawab bersama.

Melalui kegiatan Waton ini, masyarakat juga menampilkan kesenian yang dapat diteruskan ke generasi-generasi berikutnya. Selain itu, diharapkan dapat menarik minat wisata.

“Mari berpartisipasi untuk festival-festival berikutnya. Mari menjaga dan menghargai tradisi yang menjadi ciri khas bangsa,” tandasnya. (Sug)

beritalima.com

Pos terkait