Wina Armada Pertanyakan Kualitas Wartawan Masa Kini

  • Whatsapp
Foto: Istimewa Abry

Jakarta, beritalima.com | Wina Armada Sukardi, wartawan senior sekaligus pengacara, sangat prihatin dengan kondisi kualitas wartawan masa kini. “Wartawan-wartawan sekarang dibandingkan wartawan dulu, dilihat dari segi kualitas, logika, sistematika berpikir, kegigihannya, jauh berkurang,” tuturnya, saat berbicara dalam Diskusi di Perkumpulan Penulis Satupena di Jakarta (22/2) bertema “ Pers Tumpul di Era Demokrasi?” .

“Dari segi daya juang, wartawan sekarang copy paste saja. Padahal jika mau melakukan risetnya, lebih tersedia dengan teknologi,” kritiknya.

Bacaan Lainnya

“Dulu kan risetnya di perpustakaan, maka perpustakaan di sebuah perusahaan pers menjadi sangat penting. Sekarang dengan digital, semua sudah ada. Tetapi wartawan-wartawan kita cenderung malas,” sambungnya.

Masalah lain, sorot Wina, saat ini 70 persen perusahaan pers tidak sehat secara ekonomi. Misalnya, media online sulit mencari iklan. Kalau media cetak, sudah pasti sulit, ia sudah masa lalu. Ia pun mengungkapkan sejumlah masalah yang dihadapi pers Indonesia. Sebelumnya, ada UU ITE (Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik) yang bisa mengancam pers.

“Tetapi ada kesepakatan Kapolri, Jaksa Agung dan Menkominfo, yang dengan tegas mengatakan UU ITE tidak berlaku bagi pers. Maka satu persoalan sudah selesai,” bahas Wina. Lalu, pers di era teknologi modern mulai beralih. Dulu faktor-faktor produksi hanya ada di tangan pers. Misalnya, perusahaan pers memiliki komputer, dan mesin cetak.

Sekarang dengan kemajuan teknologi, semua faktor produksi itu ada juga di publik, di masyarakat. Kemudian berkembanglah apa yang dinamakan media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya.

“Semua orang bisa menjadi pewarta, pemberi informasi. Maka pers pun menghadapi problem. Dengan kemajuan teknologi, pers seakan-akan sudah tertinggal. Menurut survei, pengaruh pers adalah yang nomor empat dibandingkan yang lain-lainnya,” ungkap Wina.

Jurnalis : Abriyanto 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait