Wisata Religi Candi Rawan di Desa Toyomarto

  • Whatsapp


img_20161030_143027

Kabupaten Malang, beritalima.com— Candi Sumberawan atau biasa dibilang Candi Rawan ini, merupakan tempat wisata religi yang terletak di desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, saat ini sudah dilakukan pembenahan mulai dari infrastruktur jalan menuju candi hingga, fasilitas yang ada disekitar candi, peran serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang juga masih sangat dibutuhkab agar dapat meningkatkan PAD disektor pariwisata.

Keindahan candi rawan ini fungsi utamanya untuk ritual,  tempat beribadah, dan observasi, tetapi semenjak dibenahi beberapa tahun ini pengunjung Candi Sumberawan meningkat hingga mencapai 1.500 an lebih pengunjung per bulannya, padahal tahun sebelumnya hanya mencapai 700 pengunjung per bulannya.

Juru kunci Candi Rawan, Nuryadi ketika ditemui mengungkapkan bahwa pengunjung Candi tersebut, bukan wisatawan lokal saja, namun wisatawan asing pun banyak yang mengunjungi Candi tersebut.

” Banyak wisatawan asing yang bertandang ke sini, setiap hari pengunjung juga lumayan ada peingkatan”, ungkapnya.

Pihak candi pun berharap pemerintah harus lebih memperhatikan potensi-potensi pariwisata, hal itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Harapannya pemerintah menjadikan tempat ini menjadi wisata yang bagus dan baik agar bisa menambah pendapatan warga sekitar dan pendapatan daerah,” Katanya.

Perlu diketahui Candi Sumberawan ini dibuka untuk umum sejak tahun 2000 hingga kini, dan dibuka setiap hari mulai jam 07.30 hingga 17.00 WIB.(sd/sn)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *