Workshop Inovasi Kebangsaan Angkatan XIV Gandeng Pembicara Nasional

  • Whatsapp
Jpeg

JAKARTA, beritalima.com – Jum’at, (18/8/2017), di Museum Kebangkitan Nasional, Jalan Abdul Rachman 26, Jakarta. Planet Inovasi mengadakan Workshop Inovasi Kebangsaan XIV, Peran Pemuda Dalam Mengisi Kemerdekaan, dengan tema Merajut Kreatifitas dan Inovasi Dalam Keberagaman Nusantara.
Indonesia memiliki jumlah penduduk usia muda dengan rentang usia antara 16-30 tahun sebanyak 61,8 juta jiwa. Jumlah penduduk Indonesia sekarang ini sebanyak 260 juta, namun tiga tahun ke depan akan mengalami bonus demografi. “Di mana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada di titik grafis tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yang mencapai angka 64% dari total jumlah penduduk Indonesia yang besarnya 297 juta jiwa,” terangnya.
Yayasan Planet Inovasi hadir sebagai penggerak inovasi nasional yang salah satu kegiatannya adalah mendorong pengembangan inovasi di kalangan Pemuda Pemudi Indonesia.
“Kami ingin menumbuh-kembangkan semangat kebangsaan para Pemuda dan mendorong mereka untuk mewujudkannya dalam karya-karya inovasi kebangsaan. Kami yakin Pemuda Pemudi Indonesia mampu berkontribusi bagi bangsanya dan hal ini perlu dipupuk sejak dini dengan pembelajaran dan pengalaman kreatif berinovasi,” ungkap Avanti Fontana, Ketua Umum Planet Inovasi dalam acara Workshop Inovasi Kebangsaan Angkatan XIV.
Workshop Inovasi Kebangsaan XIV menggandeng pembicara-pembicara nasional dan sekaligus inisiator inovasi sosial di berbagai bidang. Pembicara yang hadir, diantaranya adalah Brigjen Pol. Mulyanto (Lemhannas RI), Sulistyowati Irianto (Guru Besar Antropologi Hukum FHUI), dan Avanti Fontana (Fasilitator dan Peneliti Manajemen Inovasi FEB UI) yang akan memfasilitasi Sistematika dan Simulasi Inisiatif Inovasi.
Para peserta memperoleh paparan materi terkait dengan Wawasan Kebangsaan; Keberagaman Identitas dan Toleransi, Pengalaman Inovasi Sosial Pemuda Isbanban, dan Cara-cara Berinovasi. Yang menarik adalah bahwa para peserta memperoleh kesempatan untuk menampilkan inisiatif-inisiatif inovasi mereka dan memperoleh umpan balik dari fasilitator dan peserta lainnya.
Para peserta berharap Workshop Inovasi Kebangsaan ini semakin dapat meluas dialami oleh para pemuda pemudi di Indonesia. Dalam rangka itu, Planet Inovasi telah menggagas Workshop Inovasi Kebangsaan dan Workshop Cerita Inovasi Tanah Air Indonesia (CINTA Indonesia) di berbagai kota dan desa di Indonesia serta pada waktunya mengundang jalinan kerja sama dengan berbagai pihak seperti Pemerintah, Universitas/Lembaga Riset, Bisnis, Komunitas, dan Media (Penta Helix) dalam mewujudkannya.
“Sejalan dengan komitmen Planet Inovasi sejak awal pendiriannya, 9 Januari 2014, yaitu berpartisipasi secara kolaboratif dalam gerakan inovasi nasional,” imbuhnya. dedy mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *