beritalima.com

Workshop Pendampingan dan Pelatihan Platform E-Learning Moodle Dibuka Secara Nasional

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com- Tidak hanya Guru Fisika se-Kabupaten Situbondo, Workshop Pendampingan dan Pelatihan Platform E-learning Moodle selama masa pandemi akhirnya dibuka secara nasional,

Pandemi covid-19 mengharuskan guru-guru di seluruh dunia memberikan pembelajaran secara online. Hal ini tentu tidaklah mudah bagi negara berkembang seperti Indonesia, baik dari segi fasilitas, keterampilan guru dan siswa serta kesiapan sekolah untuk meningkatkannya dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga kegiatan pelatihan dan pendampingan khususnya bagi para guru dalam meningkatkan keterampilannya dalam merancang pembelajaran jarak jauh sangatlah penting.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Sahal Fawaiz dan ketiga anggotanya sebagai mahasiswa jurusan fisika Universitas Negeri Malang dimana mereka menyelenggarakan workshop dan pendampingan bagi guru-guru fisika se-kabupaten Situbondo selama bulan oktober. Kegiatan ini berjalan lancar dan penuh antusias. Tentu hal ini tidak lepas dari kerja sama yang baik antara pihak panitia dengan MGMP Fisika Kabupaten Situbondo.

“Saya sangat menunggu-nunggu kegiatan workshop dan pendampingan seperti ini bagi para guru-guru fisika. Selain karena pandemi covid-19 yang menyebabkan pembelajaran tidak mungkin dilakukan secara tatap muka, pelatihan ini akan sangat berguna juga saat pandemi selesai untuk pembelajaran gabungan offline dan online” terang Sugiono ketua MGMP Fisika se-Kabupaten Situbondo.

Pada awalnya kegiatan ini direncanakan secara offline, namun kondisi yang tidak memungkinkan sehingga dilaksanakan melalui aplikasi Zoom. Tentu hal ini tidak mengurangi semangat Bapak/Ibu Guru dalam meningkatkan keterampilan mereka. Terbukti yang awalnya kegiatan ini hanya untuk guru fisika se-Kabupaten Situbondo saja, banyak permintaan guru-guru fisika di daerah lain sehingga kegiatan ini dibuka secara nasional. Sebagian besar peserta berasal dari jawa timur dan sisanya menyebar di seluruh Indonesia.
Pada sesi pertama dan sesi kedua, pemaparan materi tentang fitur-fitur pada e-learning moodle disampaikan oleh Bapak Nugroho Adi Pramono, M.Sc (Dosen Jurusan Fisika, UM).

beritalima.com

Sesi ketiga tentang karakteristik materi fisika sebagai acuan pembelajaran online dan offline merupakan materi yang sesuai bagi beberap daerah yang membolehkan pembelajaran tatap muka namun terbatas.

Materi ini disampaikan oleh Bapak Dr. Supriyono Koes Handayanto, M.Pd., M.A. Dan materi sesi terakhir melatih keterampilan bapak/ibu guru dalam mengembangkan video pembelajaran melalui aplikasi Camtasia oleh Bapak Bakhrul Rizky Kurniawan, M.Pd. Setiap minggunya peserta mendapatkan tugas untuk merancang pembelajaran di kelas online masing-masing.

Tidak hanya itu, platform e-learning juga diberikan secara gratis selama satu tahun kepada para pengurus MGMP Fisika yang beralamat pada https://mgmpsitubondo.net/. Serta platform e-learning moodle https://e.fawaiz.com/ bagi guru-guru di luar Kabupaten Situbondo.

Karena tidak semua sekolah memiliki platform e-learning yang memiliki fitur seperti moodle. Harapannya, platform e-learning menjadi alternatif dalam pembelajaran jarak jauh fisika dan pembelajaran fisika selama masa pandemi ini dapat berjalan secara maksimal sehingga tetap melatih keterampilan berpikir siswa melalui fitur-fitur yang tersedia pada platform e-learning berbasis moodle. (*).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait