Wow…BKKBN Pusat Akan Adopsi IMP Smart Kabupaten Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Inovasi pendataan data kependudukan, KB dan pembangunan keluarga yang digagas Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, melalui OPD-KB, akan diadopsi oleh BKKBN Pusat.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris BKKBN Pusat, Nofirjal, saat acara dialog di TVRI, Surabaya, Senin (24/6), kemarin.

Nofirjal, mengapresiasi inovasi yang dibuat Kabupaten Madiun itu. Rencananya, BKKB akan mengadopsi aplikasi IMP Smart untuk diterapkan di tiap daerah.

“Ini sangat luar biasa. Kreatifitas dan inovasi daerah yang perlu kita apresiasi. BKKBN siap mengadopsi inovasi di daerah termasuk di Kabupaten Madiun, terutama yang berkaitan dengan dinamisasi atau pemutakhiran data pendataan keluarga,” kata Nofirjal.

Sementara itu, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, mengatakan, kebutuhan akan data yang valid menjadi latar belakang lahirnya aplikasi ini. Sebab, data yang valid merupakan dasar bagi Pemkab Madiun untuk membuat sebuah kebijakan.

“Data yang paling valid, adalah data yang benar-benar sesuai realitas yang ada di lapangan. Kemudian dari kebutuhan akan data tersebut, kami kembangkan lewat aplikasi, lewat SDM kita di BKKBN di OPD KB. Ini berjalan sampai desa,” terang H. Ahmad Dawami.

Selain memamerkan Inovasi pendataan data kependudukan dalam bentuk aplikasi, Bupati Madiun juga menceritakan bahwa Kabupaten Madiun merupakan Kampung Pesilat.

“Notabene Madiun merupakan pusat dari pencak silat yang ada di Indonesia. Bahkan sudah kita deklarasikan pada saat setelah saya dilantik menjadi Bupati, bahwa Madiun Kampung Pesilat,” tuturnya.

Bahkan dalam acara ini, Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto, sempat memperagakan gerakan pencak silat untuk membuktikan jika Madiun benar-benar Kampung Pesilat.

Selain Bupati dan Wakil Bupati, hadir dalam acara dialog ini diantaranya yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Suyadi, dan Kepala Dinas Dukcapil, Widodo, Kabag Humas dan Protokol Setda, Heri Supramono dan pimpinan OPD lainnya. (Dibyo).

Ket.Foto: H. Ahmad Dawami (kanan), H. Hari Wuryanto (kiri) atas tengah berkopiah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *