XL Axiata dan Kemenhub Luncurkan Aplikasi Peta Jelajah Nusantara

  • Whatsapp
Ki-ka: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Chief Human Capital Officer XL Axiata, Rudy Afandy, dan Dirjen Hubungan Darat, Budi Setiyadi, saat peluncuran aplikasi “Peta Jelajah Nusantara” di Jakarta, Selasa (28/5/2019)

JAKARTA, beritalima.com | PT XL Axiata Tbk bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia meluncurkan aplikasi navigasi digital “Peta Jelajah Nusantara”. Aplikasi ini dibangun sebagai sarana pemandu bagi masyarakat yang melakukan perjalanan darat di wilayah Indonesia.

Peta Jelajah Nusantara ini telah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang memudahkan pengguna menemukan rute perjalanan dan berbagai informasi yang paling dibutuhkan. Masyarakat luas bisa secara mudah mendapatkan aplikasi ini dari Google Play Store untuk smartphone Android.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, peta navigasi digital sudah menjadi kebutuhan masyarakat pengguna jalan secara umum. Peta dalam lembaran tercetak sudah mulai ditinggalkan karena peta digital memang lebih fleksibel dalam penggunaannya.

Budi Karya juga menegaskan, Kemenhub mengapresiasi kerjasama dengan XL Axiata dan instansi pemerintah lainnya untuk pembangunan aplikasi Peta Jelajah Nusantara ini. Diharapkan, aplikasi ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat luas.

Informasi yang tersaji di dalam aplikasi ini merupakan data resmi yang ter-update dari sejumlah instansi. Tidak hanya pelayanan transportasi (Kemenhub), tetapi juga kesehatan (Kementerian Kesehatan), sarana dan prasarana jalan (Bina Marga, Kementrian PUPR), serta keamanan dan ketertiban (Korlantas Polri).

Untuk kebutuhan mudik Lebaran tahun ini, informasi yang tersaji di dalam Peta Jelajah Nusantara adalah navigasi jalur mudik. Selain itu, peta navigasi yang tersaji juga terhubung dengan aplikasi Google Map. Selanjutnya informasi keberadaan beberapa posko di sepanjang jalur utama, dan juga terminal bus.

Ada juga ada informasi pengaturan jalur lalu lintas, misalnya jalur satu arah, ganjil genap, dan jalur alternatif. Demi keamanan dan keselamatan pelanggan, aplikasi Peta Jelajah Nusantara juga dilengkapi dengan informasi mengenai letak titik-titik rawan kecelakaan di jalur mudik. (Ganefo)

 

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *