XL Axiata Perkuat Jaringan di Kota Penyelenggaraan Piala Dunia U-17

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di 4 kota penyelenggara Piala Dunia U-17 dengan menambah kapasitas serta pengerahan 3 unit mobile BTS (base transceiver station) sedikitnya 16.000 BTS.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, XL Axiata ikut bangga Indonesia mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

“Karena itu, dengan sangat antusias, kami ingin ikut menyukseskan event besar ini melalui penyediaan layanan telekomunikasi dan data yang berkualitas baik,” lanjut dia, Minggu (5/11/2023).

Disebutkan, penguatan jaringan tidak hanya di lingkungan stadion tempat pertandingan, namun juga di seluruh penjuru kota. Asumsinya, selain anggota delegasi setiap tim, juga akan hadir puluhan ribu penonton yang juga akan menikmati suasana kota.

Gede menambahkan, penguatan jaringan ini tidak begitu menyulitkan XL Axiata, karena penguatan jaringan merupakan program rutin yang dilakukan secara gradual di seluruh wilayah operasi XL Axiata.

Karena keempat kota penyelenggaraan Piala Dunia U-17 merupakan kota-kota besar di Pulau Jawa, yakni Jakarta, Bandung, Surakarta dan Surabaya yang sebenarnya kualitas jaringan sudah sangat bagus, namun untuk memastikan jaringan yang ada siap menghadapi potensi lonjakan trafik penggunaan, XL Axiata tetap menambah kapasitas hingga 2 kali dari kapasitas sehari-hari.

Selain itu, Gede juga yakin jaringan XL Axiata akan bisa melayani kebutuhan selama Piala Dunia U-17 di empat kota dengan kualitas yang baik, karena di empat kota tersebut proses fiberisasi jaringan sudah mencakup mayoritas jumlah BTS yang ada.

Fiberisasi sendiri merupakan modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS melalui jalur fiber, termasuk melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS. Contohnya adalah dengan mengganti perangkat yang selama ini menggunakan microwave menjadi perangkat fiber.

“Kami memprediksi akan ada potensi kenaikan trafik hingga 30% selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 selama hampir satu bulan tersebut. Untuk itu, XL Axiata juga menyiapkan secara khusus tim yang akan memastikan kesiapan jaringan selama penyelenggaraan,” tutup Gede. (Gan)

Teks Foto: Teknisi jaringan XL Axiata bekerja di mobile BTS dekat JIS Jakarta, stadion termegah yang dibangun di era Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait