Yuli Muliani, S. STP., MM Resmi Dilantik Menjadi Ketua PMI Kecamatan Bukit Kecil

  • Whatsapp

PALEMBANG, BeritaLima.Com
Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda Melantik Pengurus PMI Kecamatan dan Donor Darah per Kecamatan Kota Palembang bersama Palang Merah Indonesia (PMI) di kantor kecamatan bukit Kecil palembang. Senin
( 20/03/2023)

“Petugas PMI di kelurahan ini nantinya akan bertugas untuk menyosialisasikan terkait program dan kegiatan dari PMI. Seperti apa maanfaat dari donor darah, dan mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Fitrianti Agustinda, yang juga Ketua PMI Kota Palembang.
Perwakilan di setiap kecamatan dan kelurahan dibentuknya kepengurusan
betul – betul membantu di tengah masyarakat.

Sebentar lagi bulan suci Ramadan
biasanya terus meningkat sengaja kami laksanakan menjelang Ramadan Supaya nantinya ada stok darah yang cukup untuk menghadapi Ramadan dan juga Idul Fitri. Jadi kegiatan bukan hanya di PMI Saja tapi di setiap kecamatan dan Kelurahan jadi 18 Kecamatan 178 keluran.

“Berdasarkan catatan BPOM RI, UTD PMI Palembang menjadi penerima sertifikat CPOB ketiga di Sumatera dan ke 17 di Indonesia dari total 400 unit UTD,” ujar Fitrianti.

Ia menambahkan, pemenuhan produk darah yang berkualitas merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat penting, selain pemenuhan kuantitasnya.

“Kebutuhan darah di Palembang 5 ribu kantong per bulan, di saat Covid kemarin meningkat jadi 7 ribu per bulan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kami terus melakukan jemput bola ke instansi, ke kelurahan dan kecamatan jelas Fitrianti.

Setelah adanya pelantikan ini, para pengurus diharapkan lebih semangat melakukan kegiatan kemanusiaan baik di Kota Palembang, baik itu donor darah, tanggap bencana, bakti sosial dan juga sosialisasi bidang kesehatan ucapnya.

“Pada prinsipnya, untuk mendapatkan kantong darah itu gratis, akan tetapi sekarang ini untuk ongkosnya dikenakan biaya, karena mulai dari kantong dan pengecekan darah itu ada biaya administrasi,” terangnya.

Biaya perkantong darah kalau tidak salah Rp.350 ribu dan masyarakat sudah mempunyai Kartu Indonesia Sehat (KIS), jadi ongkosnya ditanggung oleh BPJS kesehatan,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Camat bukit Kecil Alexander Sip, MSi.
Mengharapkan dengan adanya pelantikan PMI di Kecamatan bukit kecil
agar setiap pendonor yang aktif untuk di data, harapan kita agar bisa diberikan apresiasi dari PMI untuk para pendonor yang sudah menjadi member. dan masyarakat juga bisah terbantu, dengan ada nya perisapan darah tandasnya.

Usai di lantik Ketua PMI Kecamatan Bukit kecil,
Yuli Muliani, S. STR, MM, juga mengatakan
dengan adanya kegiatan pelantikan PMI baik di kecamatan, Kelurahan, khususnya di wilayah kecamatan bukit kecil yang berkenaan mau memberikan atau mendonorkan darahnya, setidaknya bisa membantu sesama. Bagi masyarakat atau yang membutuhkan darah.

“Biasanya donor darah 3 bulan sekali dengan data yang sudah ada. Kita akan menghimbau dengan data yang ada itu akan berlanjut untuk kedepannya.
saya bersyukur dikarenakan target yang dicapai untuk pendonor lumayan memuaskan, dalam hitungan jam sudah mendapatkan pendonor. Program ini akan terus kami jalani secara rutinitas. Ucapnya.
( Nn )

beritalima.com

Pos terkait