5 Tahun Beritalima : Refleksi Menuju Kejayaan

oleh -60 views

       Bima NTB, beritalima.com

Sungguh tak terasa, sudah 5 tahun Beritalima ikut menyemangati pembangunan di Nusantara ini melalui tulisan dan ide-ide cemerlang. Tentu saja banyak aral, hambatan dan suka duka menyeruak untuk menginjak remaja, dalam perjuangan eksisnya koran nasional ini. Sosok Moch. Efendi, SH sebagai Pemimpin Redaksi juga harus jatuh bangun membesarkannya.
Harus bersaing pula dengan koran-koran Ternama lainnya di Negara ini. Hujatan, cemoohan dan keberatan para pihak berkepentingan pun, sudah menjadi ‘lauk makan’ hingga koran beritalima menjadi besar seperti ini. Bukan rahasia umum lagi, ketika Media-media baru dibangun, tentu diprediksi banyak orang tidak akan dapat bertahan lama.
Maklum saja, untuk membesarkan perusahaan media tidak segampang membangun usaha yang hari ini jual produk besok mendapatkan untung besar. Sudah pasti cemoohan dan cibiran sinis mengalir ketika Media ini dibangun dengan alasan dan alibi yang tidak rasional. Namun, ditengah kegigihan para pendiri dan karyawan, terbukti hingga sekarang Beritalima dapat ‘menampar’ prediksi tak bertahan lama itu.
Tidak banyak yang tahu ‘pergulatan positif’ Moch. Efendi, SH membesarkan koran ini. Bahkan sudah barang tentu sang owner ikut terjun sebagai mekanik di mesin percetakan dengan tangan berlumuran oli dan tinta. Ikut menjual koran bersama loyalitas karyawan di perempatan lampu merah dan sebagainya. Dan bersama pemimpin redaksi dan pemimpin perusahaan ikut mencari iklan untuk membiayai penerbitan. Bayangkan saja, seorang pemimpin umum melakukan pekerjaan bawahaannya. Tapi itulah nyata adanya.
Kenangan-kenangan itu tentu saja membekas tak terlupakan. Terlebih bagi seorang owner yang bertanggungjawab penuh tidak hanya untuk menghidupkan usahanya, namun juga untuk meraih pengharapan besar para karyawan.
Dan penulis mengetahui persis perjuangan bagaimana seseorang membesarkan medianya. Sehingga jika ditampung, tak akan cukup sebuah ember mengumpulkan butiran keringat untuk membayarnya. Tapi kini hasil dari perjuangan menantang aral selama ini, akan dibuktikan pada tanggal 30 Oktober 2016, sebagai hari jadi beritalima ke 5.
Kehadiran Beritalima di Pulau Sumbawa NTB, tentu saja memberi warna bagi pembangunan. Terlebih, peran Beritalima sebagai pilar keempat demokrasi pascareformasi setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif, setidaknya sudah diakui eksistensinya. Namun koran di daerah ini tidak bisa tumbuh besar tanpa dukungan dan masukan dari banyak pihak. Berikut testimoni para pejabat, mitra dan pembaca Beritalima di Bima NTB, dalam usianya yang ke 5 tahun, untuk dapat melangkah lebih mandiri. (1). Sekda Kota Bima, Ir. H. Muh. Rum  : “Pertama-tama saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk Beritalima ke 5.
Kehadiran Beritalima sebagai koran nasional,  tentunya memberikan sebuah warna. Harapannya, Beritalima terus memberi ‘warna’ yang lebih baik kepada masyarakat Kota Bima. (2). Kepala Bank NTB Cabang Bima, Lalu Audi : “Selamat Ulang Tahun Beritalima, Semoga Beritalima selalu memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat Bima dan menjadi kepercayaan dalam penyampaian berita.
(3). Kepala BPS Kota Bima, Drs. Sapirin : “Pertama-tama saya mengucapkan selamat ulang tahun Beritalima ke lima tahun. Semoga, Beritalima semakin jaya. Kehadiran Beritalima sebagai koran satu-satunya yang mempunyai kualitas berita yang bagus, aktual dan bisa dipercaya, dimana penampilannya juga berbeda dari yang lain. Kertasnya berkualitas bagus, hasil foto dan tulisannya baik sekali. Harapannya, agar Beritalima tetap konsisten, memberitakan yang objektif, netral dan inovatif dalam menyajikan berita dan informasi kepada masyarakat.”
(4). Dandim 1608 Bima, Letkol Czi. Yudil Hendro : “Saya mengucapkan selamat ulang tahun Beritalima ke 5 tahun. Umur 5 tahun, tentunya sudah cukup berpengalaman, wartawan Beritalima sangat profesional dan cerdas, Beritalima mampu mengupas permasalahan dengan aktual untuk diberitakan ke khalayak, dan masih banyak komentar-komentar positif tentang beritalima, yang tidak bisa saya tuangkan semua disini.
Melalui tulisan ini, saya Penulis memohon maaf kepada Pembaca Beritalima, tidak ada niat kami untuk bersifat riya’ atau memamerkan pujian publik terhadap Beritalima. Tulisan ini terutama bentuk ekspresi rasa syukur secara vertikal dan horizontal dan pangkal tolak refleksi terhadap perubahan dan perkembangan yang berlangsung dinamis dan penuh tantangan pada dunia media massa. Semoga Koran Nasional dan Online Beritalima di usianya yang ke 5 tahun semakin jaya dan dicintai masyarakat Indonesia. (Ditulis oleh : Abdul Sukur, ST – Kepala Perwakilan Pulau Sumbawa Koran Beritalima). (B5-SUKUR)