Agus Dono Apresiasi Jatim Borong Penghargaan ADWI

  • Whatsapp

MALANG, Beritalima.com|
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)
Sandiaga Salahuddin Uno
menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.
Di acara penghargaan tersebut, provinsi Jawa Timur berhasil mendominasi penghargaan dalam berbagai kategori.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD provinsi Jatim DR Drs Agus Dono Wibawanto MHum mengungkapkan kegembiraannya dan memberikan apresiasi kepada para pemenang lomba Desa Wisata tingkat nasional ini. Jawa Timur memiliki kekayaan alam yang luar biasa indahnya, memang seharusnya pemerintah provinsi maupun kabupaten kota, bisa mengoptimalkan potensi tersebut.

“Ini mencerminkan bahwa masyarakat Jatim benar-benar ingin memanfaatkan potensi wilayah yang sangat bagus alamnya ini,” terang wakil ketua DPD partai Demokrat Jatim ini.

Agus Dono menyebutkan bahwa untuk menjadi kewajaran kalau banyak kota-kota di Jatim mendapat apresiasi dan menjadi destinasi wisata desa

“Hal itu juga tidak lepas dari adanya dana yang cukup besar dari pemerintah pusat yaitu berupa dana desa. Dan itu juga berbanding lurus dengan adanya BUMDES di tiap desa yang sudah terbentuk,” sambung Anggota komisi B ini.

“Harapan kedepan harus ada peningkatan potensi ekonomi di desa, hal ini juga harus di kuatkan dengan berkembangnya UMKM dan hasil produksi di desa tersebut juga diharapkan bisa lebih maju. Terutama produk-produk kearifan lokal,” lanjut penasehat fraksi partai Demokrat DPRD provinsi Jatim ini.

Lebih jauh Agus Dono mengungkapkan bahwa proses hilirisasi produk-produk di desa tersebut harus berkembang, dan diharapkan peran pemerintah daerah tingkat 2 dan pemerintah
provinsi harus benar-benar nyata.

“Harapan ke depan tiap-tiap kabupaten kota harus memiliki desa / kelurahan wisata yang memiliki ciri masing-masing, tiap kabupaten dan kota d Jawa Timur punya produk yang menjadi unggulan dan ikon dari daerahnya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, penghargaan ADWI 2021 yang diraih oleh Jatim adalah Desa Terbaik katagori desa digital Banyuwangi meraih juara 1 Desa Wisata Tamansari, Desa Wisata Ranupani Lumajang meraih juara 2 sebagai Desa Wisata Homestay, Desa Wisata Serang Blitar menjadi juara 1 katagori Toilet umum, Desa Kampung Majapahit Bejijong, Mojokerto juara 3 Katagori Desa Wisata CHSE (Cleanliness Health Safety Enviromental Sustainability), Desa Wisata Sanankerto Malang meraih juara 3 Katagori Daya Tarik Wisata.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait