beritalima.com

Agus Dono Minta Pemerintah Undang Investor Kelola PAD

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com |
Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jatim, Dr Drs. H Agus Dono Wibawanto MHum mengatakan, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dapat mengundang investor swasta untuk mengelola aset.

“Harus ada aturan seperti Pergub untuk mengundang pihak ke-3. Toh, pihak ke -3 tidak menguasai. Tapi memanfaatkan agar perolehan PAD dapat dimaksimalkan,” terang Agus Dono,

beritalima.com

Agus Dono menambahkan bahwa mengingat selama ini PAD yang paling besar diperoleh dari sektor Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Padahal Agus Dono mengaku jumlah aset Pemprov sangat banyak dan terdiri dari beberapa sektor. Seperti halnya pertanian dan kehutanan. Namun Agus meminta agar Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) harus menganggarkan dana untuk sertifikasi aset.
“Agar masyarakat tidak kehilangan kepercayaan bahwa pemerintah peduli untuk menjangkau semua lapisan,” sambungnya.

Politisi Partai Demokrat itu berharap agar tidak hanya sektor pariwisata saja yang dikembangkan. Tetapi juga sektor pertanian. Nantinya Pemprov Jatim kerjasama dengan Bupati Magetan untuk mendirikan politeknik pertanian. “Ini penting karena mayoritas penduduk adalah petani. Pertumbuhan yang paling positif adalah pertanian, yang lain minus,” lanjutnya.

Agus Dono menilai kontribusi sebesar Rp 73 juta atau 3,33 persen tiap tahun dari nilai aset sangat kecil. Sementara nilai kontribusi tetap berpatokan NJOP, sehingga pihaknya menilai masih berlandaskan Peraturan Menteri Keuangan. Untuk itu, kedepan dia berharap ada perubahan harga sewa yang dituangkan dalam perda. Harga harus sesuai dengan appraisal (harga pasaran).
“NJOP tiap tahun belum tentu ada evaluasi dari bupati/walikota. Biasanya NJOP lima tahun baru dievaluasi,” tuturnya.(yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait