Air Hangat vs Air Dingin ?

  • Whatsapp
Dr. dr. Robert Arjuna MD PhD

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna *
Air memberi kita kehidupan .Dalam tubuh manusia mengandung 80% air untuk kehidupan.kita semua pasti tahu bagaimana nikmatnya minum air untuk melepas rasa dahaga. Namun, air dengan suhu seperti apa yang paling baik bagi kesehatan? Akhir-akhir ini tentang mana yang lebih baik, air hangat atau air dingin saat baru bangun tidur memang membingungkan?
Setiap pagi, mantan model Victoria’s Secret Lindsay Ellingtom menghangatkan dan meminum segelas air untuk memulai harinya. Karena menganut teori dari ajaran Ayurveda yang dipelajarinya tujuan adalah tubuh lebih mudah untuk menyerap air hangat yang juga bisa ‘menenangkan’ pencernaan.
Air dingin kata Vanderwall bisa mendorong, mengatur melancarkan kerja tubuh. Tapi bukan berfungsi untuk pembakar kalori dalam rangka menurunkan berat badan seperti klaim beberapa orang.Sejumlah artikel menyarankan untuk meminum air dingin, yang disebut bisa membakar lebih banyak kalori. Apa beda antara minum air dingin atau hangat?

Sistem pengobatan kuno seperti Ayurveda yang berasal dari India lebih dari 3000 tahun yang lalu dan pengobatan tradisional Cina menyoroti pentingnya suhu air dan dampaknya pada tubuh. Jadi, dengan kata lain, keduanya memiliki manfaat, meskipun hal ini tergantung pada kondisi tertentu. Lalu, mari kita lihat berbagai manfaatnya di bawah ini!

MANFAAT MINUM AIR HANGAT
1. Membantu kelancaran pencernaan
Menurut Ayurveda dan pengobatan Cina kuno, Anda harus minum segelas air hangat di pagi hari. Hal ini karena air hangat dapat mengaktifkan sistem pencernaan , yang tentu dapat membantu untuk menghindari gangguan pencernaan. Selain itu, minum air hangat juga dapat merangsang aliran darah menuju usus dan dapat membantu mencegah sembelit.

2. Membuang toksin dari tubuh.
Salah satu manfaat dari minum air hangat adalah detoksifikasi. Air membantu menyingkirkan seluruh zat yang tidak murni dalam tubuh. Selain itu, dokter juga menyarankan untuk menambahkan sedikit jus lemon segar ke dalam air hangat untuk hasil detoksifikasi yang lebih baik. Lemon akan merangsang pencernaan dan membuang racun, sedangkan air hangat tidak memerlukan terlalu banyak energi untuk asimilasi. Selain itu, Anda dapat menambahkan bahan-bahan lainnya untuk pembersihan racun, seperti madu, mint segar, irisan mentimun, kayu manis, atau irisan apel untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dan bebas dari racun.

3. Menghambat penuaan
adalah manfaat yang luar biasa yang dimiliki oleh air hangat. Seperti yang sudah dijelaskan, air hangat akan mengeluarkan racun dari tubuh, terutama racun yang dapat menyebabkan penuaan dini. Pada dasarnya, hal tersebut juga dapat memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

4. Meredakan hidung tersumbat.
Tidak banyak orang yang menyadari bahwa air hangat sangat baik untuk orang-orang yang menderita hidung tersumbat dan batuk berdahak. Hal ini disebabkan oleh air hangat yang dapat bertindak sebagai ekspektoran alami untuk membantu pengenceran dahak dari saluran pernapasan.

5. Melancarkan peredaran darah
Selain detoks, manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh air hangat adalah meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Minum air hangat juga dapat menghilangkan timbunan lemak dalam sistem saraf.

6. Melawan rasa sakit.
Karena air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan-jaringan tubuh, maka air hangat dapat bertindak dengan sangat baik sebagai bantuan alami terhadap rasa sakit. Oleh karena itu, jika Anda sering mengalami nyeri sendi atau kram saat menstruasi, maka Anda sangat disarankan untuk minum air hangat.

MANFAAT MINUM AIR DINGIN
1. Menghidrasi tubuh seusai olahraga
Ini adalah fakta yang perlu diketahui, bahwa selama kita berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Untuk menurunkan suhu tubuh pasca olahraga, Anda sangat dianjurkan untuk minum air dingin. Air dingin akan membantu tubuh Anda untuk menurunkan suhu inti tubuh.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sport Nutrition menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi air dingin mampu menjaga suhu inti tubuh mereka sebanyak 50% dibandingkan dengan kelompok yang minum air dengan suhu kamar.

2. Menurunkan demam
Minum air dingin ketika Anda mengalami demam merupakan salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh. Sangatlah penting untuk menjaga tubuh terhidrasi penuh saat demam, karena tubuh Anda sedang bekerja keras untuk melawan segala faktor yang menyebabkan demam. Saat Anda kepanasan, minum air dingin dapat menjadi bantuan yang tepat. Anda juga bisa menambahkan beberapa perasan lemon segar dan garam untuk membantu Anda mengisi elektrolit yang hilang.

3. Menurunkan berat badan
Minum air dingin telah terbukti untuk meningkatkan metabolisme dan membakar hingga 70 kalori per hari. Ketika seseorang yang memiliki berat badan 70 kg dapat membakar 70 kalori dengan berjalan kaki selama 15 menit, maka minum air dingin mulai terdengar seperti cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

4. Melawan heat stroke.
Dr. Neha Sanwalka, seorang ahli gizi dan diet, mengatakan bahwa minum air dingin selama cuaca panas akan lebih cepat diserap dibandingkan dengan air hangat. Ketika Anda kembali ke rumah dari cuaca yang sangat panas atau ketika Anda mengalami heat stroke, Anda wajib minum air dingin.

KESIMPULAN,
Minum AIR HANGAT vs AIR DINGIN ,Mana yang bermanfaat!
Pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda :
1.Tidak menyarankan minum air dingin, karena air dingin dapat menyebabkan kontraksi otot.
2.Air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus melindungi organ-organ internal dari kerusakan.
Inilah sebabnya mengapa sebagian besar ahli kesehatan merekomendasikan untuk minum air hangat. Namun, pada hari yang panas, Anda dapat minum air dingin untuk menurunkan suhu tubuh.
Jangan lupa bahwa air dibutuhkan oleh manusia sebanyak 2 liter/ h, ada beberapa teori mengemukakan :
1. Sebelum tidur minunlah 2 gelas air putih dan ditengah malam kita bangun minum 2 gelas lagi dan bangun pagi 2 gelas air putih. Hal ini akan membantu metabolisme tubuh menjadi lebih segar,silahkan dicoba…!
2. Setiap bangun pagi minumlah 4 gelas air hangat secara rutin akan memperbaiki kwalitas hidup lebih prima, silahkan dicoba!
Silahkan anda pilih mana dengan metode berbeda,semoga terwujudnya cita anda menuju Hidup Sehat bebas Penyakit Anda Sehat Kami Bangga.Demikian ulasan singkat kami ini, semoga bisa menambah wawasan pemgetahuan anda.
Sekilas info, Semoga bermanfaat!
RobertoNew 1204 : 《18.1.2022 (07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait