Akibat DBD, Satu Orang Warga Sidomekar Jember Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Petugas PMI Jember melakukan fogging dihalaman rumah warga (beritalima.com/istimewa)
Petugas PMI Jember melakukan fogging dihalaman rumah warga (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Akibat Demam Berdarah Dengue (DBD) satu orang warga Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember, meninggal dunia.

Mengetahui hal itu, Kepala Desa Sidomekar H. Udi Prihwiyanto melalui surat 140/35.09.07.2005/2022 langsung mengajukan surat permohonan fogging kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Jember.

Bacaan Lainnya

Dalam release resmi PMI Jember, Rabu (15/6/2022) sebanyak 6 relawan diterjunkan ke lokasi untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah di Dusun Besuki, Desa Sidomekar.

Sebanyak 50 rumah, 2 sarana pendidikan, 3 tempat peribadatan dan 1 perkantoran, dilakukan fogging, sebagai tindakan preventif.

Pencegahan penyebaran penyakit dilakukan, setelah ada laporan salah satu warga di desa tersebut meninggal dunia. Sehingga petugas melakukan fogging baik luar maupun didalam, dengan radius 100 meter.

“Saat ini kami lakukan fogging di seluruh rumah warga yang ada di Dusun Besuki dan tempat peribadatan serta perkantoran,” kata Udi ditemui dikantornya.

Tak hanya fogging, Kepala Desa menyampaikan, saat wabah Covid-19 desanya juga dilakukan penyemprotan disinfektan oleh PMI Jember.

Selain fogging, petugas PMI Jember juga memberikan edukasi kepada warga, cara mencegah penyebaran demam berdarah.

Sedangkan Ketua PMI Jember EA Zaenal. Marzuki menyampaikan, sekitar 3 jam relawan melakukan pengasapan di wilayah yang fokus menjadi perhatian.

“Saya harap jangan mengadalkan fogging saja, namun harus diimbangi dengan 3 M serta menerapkan pola hidup sehat,” pungkasnya. (Sug)

beritalima.com

Pos terkait