Alumni Lemhannas Jatim Bantu Korban Erupsi Semeru

  • Whatsapp
Jajaran Pengurus IKAL Jatim saat melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan bagi warga korban Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang

Lumajang, beritalima.com | Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Komisariat Provinsi Jawa Timur melakukan bakti sosial dengan mengirimkan paket bantuan bagi warga terdampak erupsi ( Awan Panas Guguran/APG) Gunung Semeru, Sabtu (11/12/2021).
Proses penggalangan donasi yang dilakukan sebelumnya dari internal anggota IKAL Jatim dan beberapa pihak lain, hanya dalam lima hari mampu mengumpulkan uang senilai Rp 94 jutaan dan beberapa paket bantuan untuk kebutuhan pangan dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

“Hasil donasi kami belanjakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terdampak erupsi Semeru,” kata ketua Panitia Baksos IKAL Lemhannas Jatim, Arief Budiman.
Menurut Arief, paket bantuan yang diberikan berisi kebutuhan keseharian seperti peralatan mandi, baju dalam, obat-obatan, Selimut, masker, dan sebagainya.
“Prinsipnya kami ingin bantuan yang kami berikan ini tepat sasaran dan sesuai dengan yang warga inginkan,” tambah Arif yang juga Bendahara Umum Pengurus IKAL Jatim ini.

Kesungguhan dan komitmen agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran ditunjukkan dengan terjun langsungnya para pengurus IKAL Jatim ke Lokasi Korban Semeru di Lumajang.

Menariknya, jelas Arief kegiatan baksos ke Lumajang tersebut juga berbarengan dengan kegiatan serupa yang dilakukan mantan panglima TNI Hadi Tjahjanto.
Ketua Bidang Media dan Humas IKAL Lemhanass Jatim Zainal Abidin menambahkan penyerahan bantuan dilaksanakan di dua titik. Titik pertama lanjut Zainal Abidin, berada di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo dan titik kedua ke tempat pengungsian warga di dusun sumberbulus, desa Kalilengkong, Kec. Pronojiwo.
“Masjid Nurul Yakin di Dusun Sumberbulus menjadi titik utama dropping bantuan dari IKAL Jatim,” jelas Abi panggilan akrab Zainal Abidin.
Menurut Abi, apa yang dilakukan Pengurus IKAL Jatim merupakan salah satu bentuk rasa kebersamaan sebagai anak bangsa yang harus saling bahu membahu ketika ada saudara-saudaranya yang tertimpa bencana.

“Dalam situasi pandemi seperti saat ini, tentu terjadinya bencama alam semakin memberatkan beban hidup warga terdamapak. Oleh karena itu, kami hadir untuk menegaskan bahwa mereka tidak sendiri,” jelas Abi lagi.
Dikonfirmasi terpisah, Ketua IKAL Jatim Rachmat Harsono mengapresiasi setinggi-tingi kepada jajaran pengurusnya yang telah ikut hadir meringankan beban warga terdampak APG gunung Semeru.

Menurut Rachmat, kehadiran IKAL Jatim merupakan manifestasi dari spirit kebangsaan yang memang harus selalu digelorakan oleh segenap anggota IKAL Jatim.
“Dimanapun ada bencana, IKAL Jatim akan selalu hadir untuk membantu. Bukan saja untuk mengurangi beban para korban, tetapi juga untuk memperkuat rasa kebersamaan,” jelasnya.

Dalam setiap terjadi musibah di tanah air, IKAL Jatim selalu berkomitmen untuk turun tangan menggalang bantuan dan terjun langsung di lokasi bencana.
“Sebelum-sebelumnya, kita juga galang bantuan dan terjun langsung memberi bantuan untuk korban bencana di Pacitan, Lombok, Donggala dan wilayah bencana lainnya,” tegas Rachmat lagi. (why/n)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait