AMK Jepara Kembangkan Usaha Budidaya Madu Klanceng

  • Whatsapp

JEPARA, beritalima.com | AMK Kabupaten Jepara berupaya mengembangkan potensi usahanya dengan melakukan budidaya lebah madu klanceng.

Budidaya lebah klanceng, yang merupakan salah satu jenis lebah madu kecil yang tersebar di Asia selatan dan tenggara, menjadi fokus kegiatan mereka.

Bacaan Lainnya

Menurut Zamhari, madu klanceng memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, memiliki sifat anti bakteri, serta dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit gula, jantung, dan stroke. Keistimewaan lainnya adalah madu klanceng merupakan madu murni yang dihasilkan dari nektar bunga, sehingga tidak memiliki batas kadaluarsa.

Dalam kurun waktu 7 bulan, Buseri Kader AMK Kabupaten Jepara berhasil mengembangkan budidaya lebah madu klanceng.

“Saat ini kami telah mengelola 50 koloni lebah madu, yang menghasilkan madu yang dapat dipanen setiap 3 bulan dengan rata-rata hasil sebanyak 150 ml setiap kali panen,” paparnya.

Agus Sutisna, ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) serta ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jepara, memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan oleh Buseri, salah satu kader AMK di Kabupaten Jepara.

“Saya berjanji untuk membantu dalam pemasaran produk madu klanceng tersebut serta berupaya untuk memberikan bantuan dalam optimalisasi pengemasan atau packaging.” kata Agus Sutisna, Jumat (23/9/2023).  (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait