Anggota DPR RI; CSR BUMN Bentuk Tanggung Jawab Sosial

  • Whatsapp

Pamekasan,Beritalima.com| Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat, Republik Indonesia (DPR RI), Achmad Baidowi melakukan sosialisasi tentang manfaat corporate social responsibility (CSR) Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sabtu (25/12/21).

Acara tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Nurus Syifa Sumber Gedang, Desa Batu Bintang, Kecamatan Batu Marmar, Pamekasan. Sosialisasi itu dihadiri puluhan masyarakat dan para tokoh di tiga kecamatan, yakni Batu Marmar, Pasean dan Waru.

Dalam kesempatan ini, masyarakat diberi pemahaman tentang CSR BUMN yang memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

“Peran penting CSR atau dalam bahasa indonesia adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, sebuah perusahaan memberikan fasiltas kepada masyarakat” jelas Awik panggilan akrab Achmad Baidowi.

Menurutnya, kementrian BUMN telah banyak memberikan fasilitas yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat, diantaranya dengan menyediakan fasilitas umum bagi masyarakat.

“Maka kemudian BUMN itu di beberapa tempat banyak memberikan fasilitasi, berupa bantuan melalui lembaga maupun kelompok-kelompok masyarakat, salah satunya misalkan ada perbaikan jalan setapak misalkan, jalannya becek misalkan mau dipaving bisa dibantu melalui CSR,” Jelas Baidowi.

Ia juga menjelaskan bahwa BUMN sebagai agen pembangunan yang juga memiliki tanggung jawab ganda. pertama, tanggung jawab sosial berupa penugasan dari pemerintah, kedua tanggung jawabnya profit untuk peningkatan ekonomi nasional.

“Sebagian sebanyak 30 persen dibagikan kepada masyarakat, tidak semua masyarakat dapat menerima, dalam arti tidak boleh untuk kepentingan pribadi,” jelas Wakil Ketua Baleg ini.

Saat ini, kementrian BUMN akan memfokuskan pada tiga aspek yakni, pendidikan, UMKM dan ekonomi.

“Kami monitor sejumlah BUMN juga memberikan partisipasi kepada masyarakat meskipun tidak berkaitan langsung dengan masyarakat Madura, tetapi BUMN secara nasional wajib hukumnya juga membagi CSR kepada seluruh rakyat indonesia,” paparnya.(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait