Anggota DPR RI Dapil II Sulsel Desak Perjuangkan Pelebaran Jalan Nasional

BONE. Para anggota DPR RI asal Dapil II Sulsel didesak untuk memperjuangkan pelebaran jalan nasional pada beberapa titik jalan di poros Makassar-Bone.

Jalan negara poros Makassar-Bone sudah sangat mendesak dilakukan pelebaran para beberapa titik jalan. Pelebaran itu sangat diharapkan para penggunan jalan yang setiap saat lalu lalang di jalan poros nasional tersebut.

Titik jalan yang paling mendesak dilebarkan adalah di daerah Kappang yang sangat susah untuk berpapasan kendaran tonase besar.

Malah di beberapa titik yang rawan itu, kalau ada kendaraan yang macet atau mogok karene tanjakan membutuhkan waktu berjam-jam baru bisa terelewati.

Salah seorang sopir angkutan umum Sinjai-Makassar, Akbar, pada Ahad malam (23/2/2020) mengatakan, setiap saat lalu lalang di jalan itu menegaskan, pelebaran titik jalan nasional yang langganan macet itu sudah sangat mendesak dilakukan pelebaran.

Para wakil rakyat di DPR RI sudah mendesak memperjuangkan mata anggaran pada penyusunan APBN untuk mengalokasikan dana pelebaran jalan nasional itu.

Beberapa bulan lalu pertengahan tahun 2019, di titik rawan macet karena jalan sempit pernah terjenak macet selama 5 jam, karena ada mobil tangki mogok di jalan yang sempit sehingga butuh 5 jam antri baru bisa lewat.

Parahnya lagi saat terjebak macet itu, terjadi pada malam hari di tengah hujan lebat dan angin kencang, semua penumpang dalam kendaraan dihantui dengan kecemasan dan ketakukan pepohonan yang tumbang, kata pria kelahiran Sinjai 1985 ini.

Hal sama juga ditegaskan pengguna jalan lainnya asal Sinjai, Kaharuddin, titik jalan poros yang rawan kacet diporos jalan nasional karena sempit badan jalan diapit gunung batu dan sudah sangat lama berlangsung demikian.

Sehingga guna memperlancar arus kendaraan di titik jalan yang sempit itu maka sudah sangat mendesak untuk dilakukan pelebaran dengan menggunakan dana APBN secara bertahap, kata pedagang di Pasar Sentral Sinjai ini.

Bambang salah seorang sopir penumpang Sinjai-Makassar lainnya menambahkan, terjebak macet di titik ruas jalan poros itu sudah seringkali.

Selaku pengguna jalan yang setiap hari melewati jalan itu, sudah mendesak dilakukan pelebaran dengan perjuangan para wakil rakyat di DPR RI yang berasal dari Dapil II Sulsel.

Dapil II Sulsel meliputi daerah, Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, Wajo dan Kota Parepare. Anggota DPR RI yang terpilih dari wilayah pemilihan tersebut yakni; Andi Iwan Darmawan Aras (Gerindra), Andi Rio Idris Padjalangi, Supriansa (Golkar), Akmal Pasluddin (PKS), Andi Yuliani Paris (PAN), Hasnah Syam (Nasdem), Syamsu Niang (PDIP), Muhammad Aras (PPP) dan Andi Muawiah Ramli (PKB). (ila/yahya)