Dihadapan Ratusan Bikers, Ahmad Basarah: Indonesia Ditakdirkan Bangsa Majemuk

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Indonesia ditakdirkan Sang Maha Pencinpta bangsa majemuk. Kemajemukan Indonesia meliputi suku bangsa, bahasa, seni budaya, adat istiadat dan agama. Bahkan, kemajemukan di Indonesia, ungkap Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah dihadapan ratusaan anggota dari puluhan organisasi bikers dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Gedung Nusntara IV Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, akhir pekan kemarin, tidak ditemukan di negara lain.

Ikut hadir pada acara tersebut Ketua MPR Bambang Soesatyo yang juga Pembina MBI, anggota MPR Fraksi Partai Golkar Nurun Arifin dan anggota MPR Kelompok DPD Ema Yohana

Karena itu kata dia, seluruh komponen masyarakat berkewajiban untuk menjaga keberagaman yang ada di Indonesia. Tidak boleh ada satupun kelompok yang memaksakan kehendaknya terhadap kelompok lain. Apalagi, ingin menjadikan Indonesia negara homogen, sesuai kelompok dan kepentingannya saja.

“Sebagai muslim, saya percaya rukun Iman yang salah satunya ketetapan Allah. Karena itu saya juga percaya, keberagaman Indonesia merupakan ketetapan Allah, sebagaimana ranting kering jatuh ke bumi, juga atas ketetapan Allah. Artinya, siapa yang menentang dan mau menjadikan Indonesia satu warna, berarti telah menentang takdir Tuhan Yang Maha Esa,” kata Basarah.

Karena itu, Ahmad Basarah meminta para Bikers mempraktekkan nilai-nikai Panca Sila dalam kehidupan sehari hari, sebagaimana para Bikers telah menjalankan nilai-nilai Panca Sila saat berkendara di jalan raya. Seperti, sifat gotong royong, setia kawan dan saling bantu.

“Bhakti Sosial, membantu sesama yang motornya rusak, menunggu temannya yang tertinggal, dan berlalu lintas dengan baik dan sopan, adalah kebiasaan baik para bikers yang harus ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, para bikers akan menjadi pelopor berpancasila dalam kehidupan mereka masing-masing,” kata dia.

Setelah sosialisasi dengan para Bikers, kata Basarah, MPR melaksanakan kegiatan serupa dengan kelompok masyarakat yang lain. Seperti pecinta burung, sepeda ontel dan komunitas masyarakat lainnya. Dengan begitu diharapkan, Pancasila bisa menyatu disetiap sudut kehidupan, dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya dimeja-meja seminar dan ruang-ruang diskusi semata.

Sosialisasi Empat Pilar dengan metode Cerdas Cermat dikalangan Bikers, diikuti 56 klub, atau 560 peserta. Setelah melalui seleksi tertulis diperoleh sembilan klub yang masuk ke babak final. Dibabak final, para peserta bermain dengan sistem benar salah dan satu lawan satu. Hasilnya, tiga klub dipastikan akan bermain dibabak grand final yang akan berlangsung pada Minggu (23/3). Ketiga klub yang akan bertanding di grand final adalah Bikers HD Jakarta, HDCI Jakarta dan Bromphit Jakarta. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait