Anggota DPR RI Putih Sari Dorong Pembangunan Puskesmas Untuk Dilaksanakan

  • Whatsapp

beritalima.com – Kabupaten Bekasi masih dihadapi dengan permasalahan kesehatan terutama dalam hal ketersediaan fasilitas kesehatan (Faskes). Saat ini totalnya, ada 44 Puskesmas di Kabupaten Bekasi, namun baru 18 Puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap. Sementara 26 Puskesmas masih belum memiliki rawat inap. Puskesmas yang belum lengkap ini biasanya ada di tingkat kelurahan atau desa dengan jadwal pengoperasiannya tidak selama 24 jam.

Drg. Putih Sari, Anggota DPR RI Komisi IX Partai Gerindra ini menyoroti permasalahan kesehatan yaitu ketersediaan fasilitas puskesmas di Kabupaten Bekasi. Putih Sari mengatakan faskes puskesmas sangatlah penting karena menjadi faskes pertama yang bisa digunakan oleh masyarakat.

“Puskesmas yang paling gampang diakses oleh masyarakat, jika puskesmas sebagai faskes tidak tersedia bagaimana permasalahan kesehatan ini bisa diatasi. Ini menjadi perhatian khusus saya juga untuk memberikan solusi terkait permasalahan kesehatan di Kabupaten Bekasi,” kata Putih Sari di Kabupaten Bekasi (24/9/18).

Menurutnya, perlu ada anggaran yang ditetapkan khusus untuk membangun faskes puskesmas bagi masyarakat Kabupaten Bekasi. Sehingga melalui puskesmas ini bisa memberikan tindakan dan juga penyuluhan kesehatan untuk masyarakat.

“Ketersedian anggaran ini harus diprioritaskan untuk kebutuhan kesehatan yang menjadi akses utama masyarakat gunakan. Untuk pembangunan puskesmas bisa bertahap tapi harus segera dilaksanakan, karena sistem BPJS juga mengharuskan pemilik BPJS menggunakan faskes pertama yaitu puskesmas dan klinik,” ujar Putih Sari.

Drg. Putih Sari yang kini maju kembali dari Dapil Jawa Barat VII (Kab Bekasi, Karawang & Purwakarta) ini juga mengatakan bahwa puskesmas bisa menjadi tempat untuk sosialisasi dan pengawasaan tahap pertama terhadap kesehatan masyarakat. Puskesmas akan memberikan informasi tentang bagaimana keadaan dan permasalahan kesehatan yang sedang dialami masyarakat dalam cakupan perkecamatan.

Caption foto :

Putih Sari saat mengikuti kegiatan sosialisasi Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) Kemenkes (Kementerian Kesehatan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *