Anggota Unit Laka Polres Banyuwangi Gelar Patrol Sahur

  • Whatsapp

BANYUWANGI beritalima.com – Ada banyak cara dilakukan orang untuk membangunkan warga agar segera bersantap sahur. Salah satunya adalah menggelar thethek atau patrol keliling kampung. Langkah itu juga ditempuh Unit Laka Satlantas Polres Banyuwangi selama puasa Ramadhan 1438 H.

Begitu masuk pukul 02.00 WIB, petugas Unit Laka berpakaian lengkap memandu grup patrol yang biasa mengais rejeki di Terminal Karangente Banyuwangi untuk kothekan. Area patrol mengelilingi wilayah perkotaan Bumi Blambangan. Start dan finish di kantor Unit Laka di Jalan Letkol Istiqlah Banyuwangi. Tiap malam, lokasi yang dikelilingi rombongan patrol anak jalanan ini berbeda-beda.

Lagu yang diusung paling dominan kendang kempul. Meski tak terlalu sering, musik dangdut juga kerap menghiasi dendangan kumpulan anak muda kreatif dalam membangunkan warga. Cara ini, menurut Kanitlaka Satlantas Polres Banyuwangi Iptu Budi Hermawan, karena sahur merupakan sunah yang sangat ditekankan.

“Sahur itukan sunah yang sangat ditekankan. Biasanya bangun di sepertiga malam sangat susah. Apalagi kondisi cuaca yang sejak awal puasa bergulir kerap diguyur hujan sehingga memicu temperatur udara yang dingin. Kami sengaja menggandeng grup patrol untuk bersama-sama membantu warga agar mau makan sahur,” ungkapnya, Senin (29/5/2017).

Tidak setiap menit patrol keliling kota berlangsung di atas mobil. Tak jarang kendaraan yang membawa rombongan ini berhenti di tengah perkampungan. Olah suara pun dilantunkan agar warga yang tinggal di sekitar lokasi lekas bangun malam. Kehadiran polisi dalam rombongan patrol tak jarang membuat warga yang tahu keheranan lantas menghampiri.

“Kalau warga berkerumun biasanya kita agak lama mangkal. Setelah itu lanjut lagi keliling kampung lain dengan tujuan yang sama. Walau ngantuk tapi enjoy,” tukas Iptu Budi Hermawan.

Patrol sahur wilayah perkotaan ini berakhir sekitar pukul 03.30 WIB. Jeda waktu sekitar setengah jam jelang imsak dimanfaatkan anggota lalulintas maupun peserta patrol untuk menunaikan makan sahur. Meski menyantap nasi bungkus, sahur pun terasa nikmat. Apalagi setelah beramal solih membantu warga agar lekas bangun malam. (abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *