Angkat Ekonomi Warga Lokal, Wali Kota Eri Cahyadi Ingin Setiap Kampung Miliki Ciri Khas Destinasi Wisata

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus melakukan penataan dan mengembangkan setiap wilayah perkampung yang ada di Kota Pahlawan. Tak terkecuali penataan dilakukan pemkot terhadap Kampung Wisata Kue di Jalan Rungkut Lor Gang II, Kelurahan Kalirungkut, Kecamatan Rungkut Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, bahwa saat ini pemkot tengah melakukan penataan di Kampung Wisata Kue Rungkut. Penataan ini dilakukan agar memantik para pengunjung dan mendorong geliat perekonomian warga di Kampung Wisata Kue.

“Insya Allah kampung kue ini menjadi tempat kulakan kue. Karena kampung kue ini tak hanya melayani Surabaya, tapi juga wilayah-wilayah penunjang, seperti Gresik, Sidoarjo, sudah banyak mengambil di sini,” kata Wali Kota Eri Cahyadi seusai meresmikan Kampung Wisata Kue.

Lebih daripada itu, Wali Kota Eri Cahyadi juga menginginkan ke depan agar Kampung Wisata Kue menjadi Pahlawan Ekonomi. Bagaimana warga pembuat kue ini tak hanya bekerja sendiri. Melainkan mereka bisa naik kelas menjadi manager dan mempekerjakan warga lainnya. “Jadi dia (warga pembuat kue) memiliki pegawai-pegawai baru. Itu yang saya kembangkan,” terang Wali Kota Eri Cahyadi.

Selain itu, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu juga menyatakan, bahwa pemkot saat ini tengah melakukan penataan suasana di Kampung Wisata Kue. Jika sebelumnya kampung ini hanya melayani mulai pukul 03.00 – 06.00 WIB, maka dia ingin ke depan agar dapat dibuka saat malam hari dengan suguhan dan suasana ala Tunjungan Romansa.

“Jadi setiap malam dibuat ada kursinya, ada seninya, ada yang nyanyi, sambil menikmati kue khas Suroboyo. Jadi, suasananya itu dibuat arek enom (milenial), ini pasti beda rasanya. Nanti Insya Allah sebulan ke depan sudah jadi seperti itu,” papar dia.

Meski begitu, Wali Kota Eri Cahyadi menegaskan, bahwa penataan juga dilakukan pemkot terhadap beberapa wilayah di perkampungan yang lain. Dia pun berharap, setiap kampung di Kota Surabaya ini dapat menjadi objek destinasi wisata yang mampu mengangkat perekonomian warga lokal.

“Karena Surabaya ini hebatnya dari kampung. Makanya Surabaya menjadi besar, menjadi Kota Metropolitan tidak boleh melupakan sejarah kampung. Maka tugas kita adalah bagaimana kampung-kampung itu menjadi ciri khas – ciri khas,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Rungkut Kota Surabaya, H Habib menyampaikan, bahwa di wilayahnya terdapat 1.552 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dari jumlah tersebut, 71 diantaranya merupakan UMKM yang berasal dari di Kampung Wisata Kue.

“Dari 71 UMKM di Kampung Kue ini, ada 40 persen yang sudah memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha). Selanjutnya sisanya akan kami kebut dengan dinas terkait,” kata Habib.

Dia menyebut, bahwa sejak tahun 2009, pelaku UMKM di Kampung Kue sudah melayani pedagang eceran yang tak hanya berasal dari Kota Surabaya. Sebanyak 71 UMKM di Kampung Kue bekerja mulai pukul 03.00 hingga 06.00 WIB dengan omzet rata-rata per hari bisa mencapai Rp 300 ribu – Rp 1 juta.

“Kalau dihitung rata-rata misal Rp 500 dikalikan 30 hari dan dikalikan 71 UMKM, maka ini bisa mengangkat perekonomian di sektor UMKM Kota Surabaya, khususnya di Kecamatan Rungkut,” jelas Habib.

Di sisi lain, Habib juga mengungkapkan, ada sekitar 60-65 jenis variasi kue yang diproduksi di Kampung Wisata Kue Rungkut. Dia memastikan, bahwa seluruh kue yang diproduksi sudah melalui control quality oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya dan memenuhi standar kelayakan makanan.

“Control quality sudah dilakukan Dinas Kesehatan, baik terkait penjamahan, terkait halal dan kebersihan sudah layak dan memenuhi standar kelayakan sebagai makanan yang layak dimakan,” tambahnya.

Salah satu pelaku UMKM di Kampung Wisata Kue Rungkut adalah Kinarti. Spesialis pembuat kue bikang atau kue kembang ini berharap, dengan diresmikannya Kampung Wisata Kue, ke depan akan semakin banyak pengunjung yang datang. Dan tentunya diharapkan pula perekonomian warga di kampung kue semakin meningkat.

“Terima kasih banyak kepada Pak Wali Kota Eri Cahyadi yang sudah meresmikan Kampung Kue menjadi Kampung Wisata. Semoga menjadikan kampung wisata ini warganya lebih maju dan lebih meningkat ekonominya,” pungkasnya. (*)

beritalima.com

Pos terkait