Antisipasi Barang Berbahaya Berada Didalam Rutan, Petugas Periksa Ruang Sel

oleh -1 views

SITUBONDO,beritalima.com – Puluhan petugas gabungan yang terdiri dari Petugas Rutan dibantu oleh Polres Situbondo, melakukan pemeriksaan setiap kamar sel di Rutan Kelas IIB Situbondo mengantisipasi kemungkjnan adanya barang berbahaya. Minggu (15/12/2019).

Satu persatu warga binaan digeledah bahkan setiap sudut ruangan dalam sel tak luput dari pemeriksaan petugas.


“Pemeriksaan yang di bantu dari Polres Situbondo hari ini adalah kegiatan rutin yang biasa kami lakukan, hal ini guna mengantisipasi barang – barang berbahaya, seperti narkoba, senjata tajam, Handphone, sendok besi dan lain – lain yang bisa membahayakan bagi warga binaan,” Kata Kepala Rutan Alip Purnomo. A.Md.IP, SH, 

Karutan Alip juga menyampaikan, Pemeriksaan sengaja di lakukan pada hari minggu agar tidak menggangu aktifitas pembesuk.

“Sengaja kita lakukan hari minggu, agar tidak mengganggu aktifitas lain seperti jam besuk, dalam kegiatan hari ini alhamdulilah tidak ditemukan obat terlarang narkoba atau Hanphone, memang kami temukan pisau kecil dan gunting namun itu untuk alat kerajinan, semua barang tersebut akan kami laporkan ke pimpinan kemudian kami musnahkan,”Tuturnya.

Salah seorang warga binaan yang enggan di sebut namanya mengakui jika pisau kecil serta gunting digunakan untuk membuat kerajinan, seperti miniatur rumah, masjid dari bahan kayu atau stick es krim.

“Itu alat membuat kerajinan pak, untuk mengisi waktu kami selama di dalam ruangan,”Singkatnya.

Bukan hanya tiap ruangan sel tahanan yang di periksa, setiap warga binaanpun di absen serta dicek langsung kondisi fisik dan psikologi para warga binaan Yang berjumlah 170 warga, 10 orang wanita dan 160 orang laki -laki.
(Joe)