Antisipasi Bencana Alam Tahun 2021, Polres Pamekasan Gelar Apel Pasukan dan Peralatan Bencana Alam

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Beritalima.com| Kepolisian Resor Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar Apel Pasukan Dan Peralatan Dalam Rangka Antisipasi Menghadapi Bencana Alam Tahun 2021.

Apel gelar pasukan tersebut digelar di lapangan Pendopo Ronggosukowati Kabupaten Pamekasan, dipimpin langsung oleh Bupati Pamekasan Bapak Baddrut Tamam didampingi Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Tejo Baskoro dan Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto.

Hadir dalam kegiatan tersebut Jajaran Forkopimda Pamekasan dan pihak terkait.

Adapun peserta apel terdiri dari personil gabungan terdiri dari personil 0826 Pamekasan, Polres Pamekasan, Brimob 3 Den A Pelopor Satbrimob Polda Jatim, Pol PP Pamekasan dan instansi terkait lainnya.

“Terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh personel TNI Polri, BPBD, Nakes dan seluruh Stake Holder lainnya beserta masyarakat Jawa Timur yang bersama-sama telah mendedikasikan seluruh waktu, tenaga serta pikiran dalam rangka penanganan covid 19 di wilayah Jawa Timur sehingga saat ini kita sudah bisa melewati masa-masa kritis Pandemi Covid 19,”ucap Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, saat membacakan amanat Gubernur Jatim.Senin (25/10/2021), pagi.

“Namun demikian diharapkan kepada seluruh komponen masyarakat Jawa Timur tetap waspada dengan tetap patuh protokol kesehatan serta meningkatkan kegiatan vaksinasi,”sambung Baddrut Tamam.

Oleh karena itu dalam rangka mempersiapkan seluruh potensi baik sumber daya manusia maupun peralatan yang akan dipergunakan untuk antisipasi dalam rangka menghadapi bencana alam tahun 2021 di wilayah jawa timur maka dilaksanakan apel bersama seperti saat ini.
Selain itu pelaksanaan apel ini merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi. kita tahu bahwa bencana alam merupakan sesuatu yang sulit diprediksi. “Namun kita bisa melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan timbul dari bencana tersebut,”pungkasnya.

Adapun beberapa penekanan kepada para peserta apel, sebagai berikut :
1). Tingkatkan sinergitas antar stake holder baik ditingkat Provinsi maupun Kab/Kota dalam rangka upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.
2). Diharapkan para Kepala Daerah segera menyusun Rencana Kontinjensi yang disesuaikan dengan tata kelola kedaruratan protokol kesehatan termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang dapat betul-betul dilaksanakan semua pihak dan harus siap menangani bencana secara tuntas.
3). Laksanakan pendekatan secara preemtif kepada masyarakat terkait peran serta mereka dalam menghadapi bencana alam.
4). Agar masing-masing satuan tugas menyiapkan mental dan fisik yang prima serta dilandasi komitmen moral yang tinggi dan disiplin kerja yang tinggi, hindari ego sektoral dalam penanganan bencana alam.
5). Agar masing-masing daerah menyiapkan lokasi pengungsian dan jalur evakuasi yang telah disesuaikan dengan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19.
6). Laksanakan pelatihan secara intens dan terpadu terhadap personel yang akan ditugaskan sehingga mereka siap dalam menjalankan tugas.
7). Lakukan pengecekan secara intens dan berkala terhadap seluruh peralatan sar yang dimiliki oleh masing-masing instansi agar peralatan tersebut siap pakai pada saat dibutuhkan dalam penanggulangan bencana alam.
8). Jaga kesehatan dan tetap pedomani protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas agar para anggota yang bertugas di lapangan dapat menjalankan tugas secara optimal.

Usai apel dilanjutkan pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana oleh Bupati bersama Dandim 0826, Kapolres dan Jajaran Forkopimda Pamekasan.(AN)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait