Antisipasi Penuh Ciptakan Pilkades Serentak Kondusif Tanpa Konflik

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Ciptakan kondusifitas pelaksanaan pilkades serentak, pemerintah kabupaten Lumajang bersama jajaran tim pengamanan antisipasi terhadap potensi konflik sosial, konflik antar komunitas dan konflik lokal. Melalui pemetaan para personil pengamanan, mengutamakan antisipasi konflik yang ada karena proses pilkades, (17/12/2019).

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq M ML (cak Thoriq) dalam sambutannya saat bertindak sebagai Pembina Apel Pergeseran Pasukan Operasi Minak Koncar dalam rangka pengamanan pilkades serentak 2019 menghimbau, dan meminta seluruh personil pengamanan agar segera melakukan koordinasi dan laporan terkait pelaksanaan pilkades, sehingga apabila ada potensi yang memungkinkan terjadi dapat segera diatasi secara cepat. Hal itu disampaikan saat apel di Alun-alun kota Lumajang.

“Saya, pak kapolres dan pak dandim akan standbay dalam proses Pilkades ini, kami tidak ingin ada kecolongan terkait dengan kondisi yang seharusnya dilakukan dalam proses pilkades, tentu harus sesuai aturan”, tegas cak Thoriq.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat di masing-masing desa agar tidak membawa senjata tajam dalam menjaga keamanan pada pelaksanaan Pilkades.
“Masyarakat ikut menjaga keamanan boleh, tapi membawa sajam tidak boleh, saya sudah instruksikan kepada pak kapolres untuk melakukan langkah-langkah terhadap masyarakat yang membawa sajam, agar langsung disita, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan”, pungkas cak Thoriq.

Sementara itu, kapolres Lumajang, AKBP Adewira Negara Siregar mengungkapkan, bahwa setelah teridentifikasi, kondisi seluruh desa rawan yang ada di Lumajang tercatat ada 121 desa, sementara sangat rawan tercatat 12 desa, serta 25 desa dikategorikan aman. Dalam pelaksanaan pilkades kali ini, pihaknya menerjunkan sebanyak 3.555 Personil pengamanan, terdiri dari TNI, Polri dan Linmas.

“Ini juga ada 200 personil Brimob yang akan ditempatkan di enam rayon, yaitu wilayah utara, selatan, barat, timur dan tengah, sementara khusus kecamatan Randuagung saya tempatkan satu pelton khusus karena situasi disana”, ujar Adewira.

Kasdim 0821 Lumajang, Mayor Inf Rinanto mengatakan, bahwa pihaknya akan terus mendukung Pemerintah dan Polri dalam mengamankan pilkades serentak. Dirinya berharap, Pemkab, TNI serta Polri dapat bekerjasama dengan baik, sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan dengan tertib dan aman. “Kami siap mendukung Pemkab dan Polri untuk mengamankan Pilkades 2019”, tegas Rinanto.
(Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *