Antisipasi Permainan Harga Obat di Jember, Polisi Sidak Apotik

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Mengantisipasi permainan harga jual obat-obatan oleh apotek dan toko obat, Kepolisian Resort Jember melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak).

Menurut KBO Satreskoba Polres Jember, Ipda Edy Santoso mengatakan, saat ini kebutuhan obat-obatan di masyarakat cukup tinggi. Dengan kebutuhan meningkat, sangat rawan adanya permainan harga.

Bacaan Lainnya

“Oleh karenanya, kami melakukan sidak di apotik dan toko obat, untuk memastikan tidak ada permainan harga di pasaran,” katanya, Jumat (30/7/2021).

Edy mengaku, pihaknya akan memonitoring dan akan menindak tegas, yang terbukti melanggar keputusan Kementerian Kesehatan tentang Harga Eceran Tertinggi (HET).

Hasil sidak, tidak kenaikan yang signifikan dan harga relatif stabil. Namun, pihaknya menemukan kekosongan jenis obat tertentu di apotik.

“Terutama obat-obatan yang berhubungan dengan penyembuhan Covid-19 dan obat tersebut langka,” bebernya.

Sementara, menurut salah satu Apoteker Sinta Rochmanullah menyampaikan, kekosongan itu terjadi dari pengiriman distributor dan Pedagang Besar Farmasi (PBF).

“Alasannya, obat tersebut di prioritaskan untuk rumah sakit,” tegasnya.

Sidak dan monitoring, akan dilakukan secara periodik, untuk mengantisipasi permainan harga obat. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait