Antusias Aparat Desa Sambut Jamsos BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp

KABUPATEN MALANG, beritalima.com – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang, menggelar acara “Pekan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan Bagi Aparatur dan Perangkat Desa Se Kabupaten Malang”.

Sosialisasi ke aparatur dan perangkat desa se-Kabupaten Malang yang jumlahnya sebanyak 378 orang ini dilakukan di 7 tempat, yakni di Jabung, Turen, Dau, Kepanjen, Bantur, Bululawang, dan Pujon.

Di Kecamatan Turen, Malang, sosialisasi program-program BPJS Ketenagakerjaan dilakukan Kamis (14/9/2017). Kegiatan ini dibuka Asisten I Kabupaten Malang, Drs Achmad Rachman Firdaus, MM.

Dalam arahannya, Firdaus mengatakan, perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sangat penting bagi aparatur dan perangkat desa saat melaksanakan tugas sehari-hari.

Karena sangat penting, “Kalau misalkan anggaran pemerintah belum ada bisa mengiur sendiri-sendiri atau dibayari oleh kepala desa secara pribadi,” ujar Firdaus disambut tepuk tangan para peserta sosialisasi.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa (APDESI) Kabupaten Malang, Abdullah, menyatakan sangat menyambut baik program perlindungan jaminan sosial bagi aparatur dan perangkat desa se-Kabupaten Malang ini.

Menurutnya, tugas perangkat desa itu berat, seperti jihad. Untuk itu, lanjut dia, sudah semestinya dilindungi jaminan sosial. Dan dia berharap iurannya dianggarkan oleh pemerintah daerah.

Prinsipnya, “Saya sangat mendukung program ini. Seandainya harus dipotong dari gaji masing-masing perangkat desa ini harus ada payung hukum yang jelas,” tegasnya. “Tapi karena kita ini perangkat desa, ya kalau bisa gratislah iurannya,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Cahyaning Indriasari, dalam pembukaan acara mengatakan, aparatur dan perangkat desa merupakan ujung tombak pemerintah yang jam kerjanya dalam memberikan pelayanan pada masyarakat nyaris 24 jam.

“Karena itu, perlu ada jaminan sosial guna melindungi resiko kecelakaan, kematian atau masa tuanya. Ini penting sekali,” tandas Cahyaning.

Di acara yang disambut penuh antusias oleh aparatur dan perangkat desa ini Cahyaning juga berkesempatan mensosialisasikan langsung ke seluruh Camat di Kabupaten Malang tentang pentingnya program perlindungan ini, khususnya bagi aparatur dan perangkat desa.

Cahyaning minta seluruh Camat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan supaya bisa terimplementasikan di Kabupaten Malang.

Selain paparan dan penjelasan secara langsung, di acara itu juga diedarkan brosur berisikan program-program BPJS Ketenagakerjaan.

Tidak hanya itu, formulir pendaftaran juga dibagikan pada setiap peserta. Disebutkan, pendaftaran bagi aparatur dan perangkat desa bisa dikoordinir oleh kepala pemerintahan di masing-masing kecamatan.

“Nanti petugas kami akan jemput bola mengambil formulir pendaftaran itu di tiap-tiap kecamatan,” kata Cahyaning dengan semangat. (Ganefo).

Teks Foto: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Malang bersama Asisten I Kabupaten Malang dan Ketua APDESI Kabupaten Malang di acara sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan bagi aparat dan perangkat desa Kabupaten Malang, Kamis (14/9/2017).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *