Apa Beda Sakit Kepala & Kepala Pusing

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Mbak Tukiyem selalu sakit kepala maka langdung ditelan obat saridon sebutir dan sehari minimal 5-8 biji untuk meredakan kondisi sakit kepala alhasil sekarang ginjalnya terganggumkarena efrk obat berbeda dgn mbok Tutiah yang mana suka pusing seharian muntah dan mual harus dikerok pusing hilang berobat ke dokter dikatakan Meiniers Sindromadi telinga dan sedang dirawat,rasanya sakit kepala dan kepala pening mempunyai dua hsl yang berbeda, mari kita simak bersama,,,,,,!

Gangguan pada kepala yang sering terjadi adalah sakit kepala dan kepala pusing. Kedua kondisi ini berbeda, tetapi masih banyak orang yang keliru membedakan keduanya. Bahkan, ada juga yang mengira bahwa kedua kondisi ini sama. Kekeliruan mengenai perbedaan sakit kepala dan pusing tentu bisa menyebabkan kerancuan diagnosis oleh dokter. Agar hal tersebut tidak terjadi, pelajari apa saja perbedaan pusing dan sakit kepala berikut ini.

Pusing dan sakit kepala merupakan gejala terkait sistem saraf yang paling sering dikeluhkan.Keduanya sama-sama terjadi di kepala dan kerap mengganggu aktivitas harian Anda.Bahkan, keduanya juga bisa terjadi secara bersamaan sehingga makin sulit bagi Anda untuk membedakan dua kondisi medis ini.Meski demikian, ada tiga perbedaan dasar yang bisa menjadi acuan bagi Anda untuk agar tidak lagi menyamakan pusing dan sakit kepala.

Rasa sakit yang timbul di kepala kerap mengganggu aktivitas harian. Gangguan tersebut dapat menyebabkan sulit untuk berpikir karena rasa sakit dan nyeri yang dihasilkan. Penyakit yang umum menimbulkan rasa tidak nyaman pada kepala adalah pusing dan sakit kepala. Meski sama-sama menyerang kepala, ternyata keduanya hal yang berbeda, Masih banyak orang yang beranggapan pusing dan sakit kepala tidak ada bedanya. Kekeliruan tersebut menyebabkan banyak dokter salah mendiagnosis yang berakhir pada pengobatan yang salah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui perbedaan antara pusing dan sakit kepala. Berikut adalah beberapa perbedaan dari kedua hal tersebut!

Seseorang merasakan sakit kepala dan pusing dalam waktu yang bersamaan. Beberapa hal dapat menyebabkan kedua gangguan tersebut adalah dehidrasi hingga kecemasan. Mungkin saja gangguan yang menyerangmu hanya salah satu dari kelainan tersebut, tetapi kamu salah mendiagnosisnya sehingga salah mengonsumsi obat. Pusing dan sakit kepala memang dapat membuat kepala terasa seperti berputar. Selain itu, gejala yantimbul juga dapat mirip satu dengan lainnya. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui perbedaan dari pusing dan sakit kepala.

KEPALA PUSING
Pusing adalah terjadinya rasa sakit pada bagian kepala yang dapat menimbulkan perasaan seperti berputar-putar dan mampu mengganggu keseimbangan tubuh. Pusing dapat muncul secara tiba-tiba, kemudian hilang, lalu muncul lagi setelah beberapa saat. Perbedaan gejala dari pusing dan sakit kepala, antara lain:

SAKIT KEPALA
sakit kepala adalah gangguan yang menimbulkan rasa nyeri di kepala dan dapat menjalar ke organ lain di sekitarnya. Gangguan ini dapat terjadi dalam hitungan menit, jam, bahkan hari. Namun, gejala sakit kepala biasanya terjadi ketika kondisi tubuh kurang fit.

Beberapa perbedaan PUSING KEPALA dan SAKIT KEPALA yang perlu Anda ketahui.
1. Sensasi yang muncul
Pusing dan sakit kepala memang sama-sama menyerang daerah kepala. Namun, sensasi yang muncul pada kedua kondisi tersebut berbeda.Seseorang yang pusing akan merasakan
1. sensasi seolah akan pingsan atau goyah,
2. Tidak stabil atau mengalami gangguan keseimbangan,
3. Perasaan melayang hingga berputar.
4. terasa seperti berputar atau kliyengan (vertigo).
5. mual atau terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Sakit kepala umumnya terasa seperti
1. sakit atau nyeri yang tajam
2. berdenyut, atau tumpul di sekitar kepala.
3. Sakit kelapa bisa terasa di sebelah (samping kanan atau kiri),
4. kedua sisi, atau di satu titik kepala tertentu.
Terkadang, rasa sakitnya meliputi perasaan nyeri seperti dipukul-pukul atau kepala terasa diikat dengan kencang.Gejala sakit kepala ini bisa berkembang secara bertahap atau tiba-tiba dengan lama waktu kurang dari satu jam hingga beberapa hari.Rasa sakitnya juga bisa menyebar dari satu titik ke seluruh bagian kepala.

2. Berdasarkan penyebabnya
Untuk sakit kepala, penyebabnya tergantung pada jenis sakit kepala yang terjadi. Secara umum, ada dua jenis sakit kepala, yaitu
1. sakit kepala primer
2. sakit kepala sekunder.

Sakit kepala primer umumnya terjadi karena
A. aktivitas berlebihan
B. adanya masalah pada struktur kepala yang sensitif terhadap nyeri.
C. perubahan aktivitas kimia di otak.

Sakit kepala primer tersebut dibedakan kembali ke dalam tiga jenis, yang masing-masing juga memiliki gejala dan pemicu berbeda.
1. Sakit kepala tegang (kepala terasa nyeri seperti diikat tali).
2. Migrain (sakit kepala sebelah).
3. Sakit kepala cluster (terasa parah dan konstan yang biasanya terasa di sekitar satu area mata).

Sakit kepala sekunder terjadi karena ada penyakit lain yang menimbulkan rasa sakit tersebut.al
1. Glaukoma (kerusakan saraf mata).
2. Keracunan karbon monoksida.
3. Penggumpalan darah di otak.
4. Tumor otak.
5. Dehidrasi.
6. Serangan panik.
7. Influenza (flu).
8. Tekanan darah tinggi.
9. Penggunaan obat sakit kepala berlebihan (rebound headaches).
10. Penyakit infeksi otak, seperti ensefalitis dan meningitis

Pusing juga disebabkan oleh kondisi lain yang mendasarinya.Akan tetapi, pusing tidak memiliki perbedaan tipe seperti sakit kepala.Selain itu, pusing sering terjadi akibat masalah pada bagian telinga dan otak yang berfungsi mengontrol keseimbangan tubuh (gangguan vestibular).tanda pusing :
1. Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV).
2. Vestibular neuritis (infeksi saraf vestibular).
3. Penyakit meniere.
4. Migrain.
5. Tekanan darah rendah.
6. Penyakit saraf , seperti multiple sclerosis dan penyakit Parkinson.
7. Anemia.
8. Kadar gula darah rendah.
9. Gangguan kecemasan.
Pada beberapa kasus, sakit kepala bisa muncul bersamaan dengan pusing. Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita migrain dan cedera otak.

3. Pengobatan yang dilakukan
Penyakit atau kondisi yang menyebabkan kedua kondisi tersebut memang berbeda.pengobatan yang dibutuhkan untuk perbedaan kondisi sakit kepala dan pusing pun tak sama.penting bagi pasien untuk memahami perbedaan antara sakit kepala dan pusing agar pengobatan yang diberikan sesuai dan tepat.
Lalu, apa perbedaan pengobatan pada keduanya? Pada beberapa kondisi, sakit kepala dan pusing bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis apapun. beberapa jenis sakit kepala primer bisa diobati dengan obat pereda nyeri, seperti aspirin, ibuprofen, atau acetaminophen (paracetamol).

PENGOBATAN
Selain itu, ada pula jenis obat-obatan lainnya yang mungkin dapat membantu meredakan dan mencegah serangan sakit kepala.
1. obat beta blocker,
2. obat antikejang,
3. obat antidepresan.
4. akupuntur untuk sakit kepala
5. meditasi,
6. terapi perilaku kognitif juga bisa membantu mengatasi sakit kepala.
Sakit kepala dan kepala pening jangan diremehkan perlu dicari pengobatan khusus dan jangan sembarangan telan pain killer yang seenaknya,segera konsultasi kedokter lebih cepat tshu penyebabnya lebih bagus prognosanya, sekilas infi.o semoga bermanfaat.
RobertoNews 1432 《25.5.22(07.00)》
*Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait