Apa Fungsi Rahim Wanita?

  • Whatsapp

Oleh
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Wanita dikodratkan untuk melahirkan anak dan dikaruniakan Tuhan sebush rahim yang notabene sebagai alat reproduksi tapi banyak yang tak tahu tentang rahim,fungsinya untuk apa? Terpetik berita bu Samiatun baru diangkat rahun karena tumor begitu pula mbak Susan yang rahim mengalami endometriosi dan terpaksa diangkat

Uerus (juga disebut rahim) adalah organ otot berbentuk buah pir terbalik dari sistem reproduksi wanita yang terletak di antara kandung kemih dan rektum. Uterus berfungsi untuk memberi makan dan menampung sel telur yang telah dibuahi sampai menjadi janin atau sampai siap untuk dilahirkan.Uterus melakukan banyak fungsi penting dalam siklus reproduksi, kesuburan, dan melahirkan. Ketika hamil, uterus berfungsi untuk memelihara sel telur yang telah dibuahi dan berkembang menjadi janin, kemudian menahannya sampai bayi cukup dewasa untuk dilahirkan.

Fungsi uterus secara umum adalah untuk menampung dan memberi makan sel telur yang telah dibuahi hingga menjadi janin dan siap untuk dilahirkan. Jadi, uterus berperan penting dalam siklus reproduksi, kesuburan, serta melahirkan.Uterus adalah salah satu organ reproduksi wanita yang sering juga disebut sebagai rahim. Fungsi uterus yang utama adalah sebagai tempat menerima sel telur yang telah dibuahi dan mendukung pertumbuhannya selama kehamilan.Uterus merupakan organ berotot berbentuk seperti kantung yang terlihat seperti buah pir terbalik dengan panjang sekitar 8 cm. Organ ini terletak di perut bawah pada area panggul wanita di belakang atas kandung kemih.Uterus disangga oleh otot, ligamen, dan jaringan fibrosa agar tetap berada di tempatnya. Organ ini dihubungkan dengan vagina oleh leher rahim atau serviks.Uterus memegang peranan penting untuk sistem reproduksi wanita. Berikut bebrapa fungsi uterus yang perlu Anda ketahui:

MEKANISME UTERUS
Setiap bulan, perempuan dari kelompok usia produktif akan mengeluarkan hormon yang menyebabkan ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) dan menstruasi. Lapisan uterus disebut endometrium terbuat dari beberapa lapisan yang meliputi epitel permukaan, pembuluh darah, kelenjar, dan jaringan lain.Setiap bulan endometrium tumbuh lebih tebal untuk mempersiapkan kehamilan. Ini disinkronkan dengan ovulasi. Jika seorang perempuan tidak hamil, lapisan atas endometrium akan dilepaskan dan mengalir keluar melalui vagina dalam periode bulanan. Ketika seorang wanita mengalami menopause, tubuh menghentikan produksi hormon yang menyebabkan ovulasi dan menstruasi. Uterus juga memiliki peran memberikan integritas struktural dan dukungan ke kandung kemih, usus, tulang panggul, dan juga organ lainnya. Jaringan pembuluh darah dan saraf uterus mengarahkan aliran darah ke panggul dan ke genitalia luar, termasuk ovarium, vagina, labia, dan klitoris sebagai respons seksual.

BAGIAN ANATOMI UTERUS
a. Fundus Uteri
Fundus uteri berbentuk seperti kubah merupakan bagian atas uterus. Pada bagian ini tuba fallopi akan masuk ke uterus selama masa kehamilan. selain itu, ukuran dari fundus uteri dapat membantu dalam memperkirakan usia kehamilan wanita.

b. Korpus Uteri
Korpus uteri bisa disebut sebagai badan uterus yang paling besar dan utama. Bentuk dari bagian ini menyempit di bagian bawah dan berlanjut sebagai serviks.

c. Serviks Uteri
Bagian ini biasanya hanya disebut serviks saja atau dalam bahasa Indonesia merupakan leher rahim. Serviks sebagai penghubung antara vagina dan rahim. Bagian ini juga terdiri dari dua bagian yaitu pars vaginalis dan supravaginalis.

d,Endometrium
Endometrium ialah lapisan selaput lendir yang tersusun dari jaringan epitel, kelenjar, dan juga banyak sekali pembuluh darah. Maka dari itu, bagian ini adalah bagian penting dalam proses menstruasi.

e.Myometrium
Myometrium merupakan lapisan otot yang terdiri dari kumpulan otot polos berbentuk sirkuler melingkar pada bagian dalam lapisannya, sementara pada bagian luar berbentuk longitudinal. Bagian ini memiliki lapisan dinding paling tebal
.
f.Perimetrium
Biasa disebut juga dengan lapisan serosa merupakan lapisan terluar dari uterus.

FUNGSI UTERUS
1. Sebagai tempat implantasi
2. Memelihara janin
3. Melindungi janin
4. Mendukung proses menstruasi
5. Memudahkan persalinan
6. Menyangga saluran kemih
7. Mendukung respon seksual

TANDA UTERUS BERMASALAH
1. Nyeri di daerah rahim.
2. Pendarahan vagina yang tidak normal atau berat.
3. Siklus haid tidak teratur.
4. Keputihan yang tidak normal.
5. Nyeri di panggul, perut bagian bawah atau area rektal.
6. Meningkatnya kram menstruasi.
7. Peningkatan buang air kecil.
8. Nyeri saat berhubungan intim.
9. Pendarahan setelah berhubungan intim.
10. Menstruasi berkepanjangan.
11. Pembengkakan perut.
12. Sembelit; rasa tidak nyaman saat buang air besar.
13. Infeksi kandung kemih berulang.
14. Kelelahan.dam Demam.Haid tidak teratur salah satu ciri uterus bermasala
15. Keputihan yang tidak biasa seperti mendadak banyak, terjadi perubahan pada warna atau aroma.
16. Gangguan kesuburan atau sulit hamil
17. Makanan yang baik untuk kesehatan rahim

MENJAGA UTERUS SUPAYA BAIK
1. Makanan kaya vitamin D
2. Makanan kaya antioksidan
3. Makanan dengan kandungan asam lemak omega-3
4. Sumber asam folat

Untuk mendukung sistem reproduksi wanita, salah satu organ vital yang harus dijaga kesehatannya adalah uterus. Jika uterus bermasalah, organ lain juga ikut terganggu. Berikut ini ciri-ciri uterus yang sehat.
1. Siklus haid lancar dan normal.
2. Keputihan yang dialami masih terbilang normal.
3. Nyeri haid yang normal.
Demikian sekilas info membantu pengetahuan kaum hawa apa fungsi uterus bukan sekedar lahir anak tapi mempunyai banyak peranan penting uterus (kandungan) didalamnya.semoga membawa manfaat ganda untuk kaum wanita.
RobertoNews 1439《1.6.22(07.00)》
*Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kedokteran

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait