Apa Itu Retinol?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Kemarin sore berpapasan di Mall ketemu teman Sekelas SMA dulu. Dia bernama Merry 65 th, hampir saya tak percaya dia adalah temanku Merry karena badannya halus langsing dan seluruh kulitnya mulus dan hampir tak ada keriput karena rajin perawatan dengan Ritinol beda dengan Bu Windy.badan gemuk,kulit keriput hitam pekak karena tak pernah merawat kulit hanya merawa cucunya sayapun mengajak bu Wnndy harus jalan petawaatan kulit agar tidak kelihatan tua?

Retinol, bentuk hewani vitamin A, adalah vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam sistem penglihatan dan pertumbuhan tulang. Ia termasuk juga ke dalam diterpenoid. Retinol merupakan salah satu bentuk vitamin A yang paling umum, yang termasuk pula retinal, asam retinoat, dan retinil ester.

Penuaan memang tak terhindarkan, seiring berjalannya waktu, usia kita bertambah dan akan terlihat pada kulit wajah kita. Namun, dengan pemakaian anti aging skin care kita bisa memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.Perawatan kulit yang ditujukan untuk anti-aging semakin berkembang di Industri kecantikan. Namun, selain inovasi perawatan dan produk lainnya, retinol masih merupakan bahan skincare yang sangat dipuja untuk mempertahankan healthy glow dan mencegah tanda-tanda penuaan. Meskipun memiliki banyak kegunaan, masih banyak yang bingung untuk menggunakan retinol menyebabkan pemakaian yang salah atau kurang dimanfaatkan. Maka dari itu, mari pelajari lebih lanjut mengenai retinol disini!

APA ITU RETINOL ..?
Retinol adalah bahan aktif dari vitamin A yang banyak digunakan dalam produk skincare. Kandungan senyawa ini memiliki banyak fungsi, mulai dari mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, hingga digadang-gadang ampuh mencegah penuaan dini.

Retinol adalah salah satu jenis retinoid yang merupakan turunan obat vitamin A. Retinoid banyak digunakan untuk mengatasi banyak penyakit kulit, yakni jerawat, dan penuaan kulit. Retinol sebagai salah satu jenis retinoid juga banyak digunakan untuk perawatan wajah.

Salah satu manfaat retinol yang paling populer adalah membuat wajah tampak awet muda. Zat yang merupakan turunan vitamin A ini memang dikenal efektif untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Tak hanya itu, retinol juga memiliki beragam manfaat lain untuk kulit wajah.

FUNGSI RETINOL UNTUK APA ?
Retinol adalah salah satu produk perawatan yang dipuja oleh ahli kecantikan dengan kelebihannya untuk menjaga kesehatan kulit. Retinol yang merupakan turunan obat vitamin A adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan pergantian sel kulit dan hal ini bisa menyebabkan dampak positif.

Menurut ahli kecantikan, perawatan anti-aging sudah harus digunakan mulai umur 20an untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Retinol dapat digunakan oleh semua jenis kulit merupakan salah satu perawatan awet muda yang disarankan untuk mulai digunakan pada umur 25 tahun.
1. Menjaga kemudaan kulit
2. Membantu proses regenerasi kulit
3. Meningkatkan produksi kolagen pada kulit
4. Mencegah timbulnya jerawat
5. Memudarkan hiperpigmentasi
6. Mencegah kerutan akibat penuaan
7. Sebagai antioksidan
8. Mengendalikan gejala psoriasis
9. Memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit,
10. Menipiskan kulit yang menebal dan bersisik,
11. Meredakan bengkak dan kemerahan
12. Mengatasi psoriasis pada kuku.

TATA CARA 0ENGGUNAAN RETINOL
1. Gunakan secukupnya
2. Gunakan pada kulit kering
3. Gunakan di malam hari
4. Kandungan yang tidak boleh digunakan bersama retinol
5. Hentikan penggunaan selama masa kehamilan

EFEK SAMPING PENGGUNAAN RETINOL :
1. Umumnya pengguna baru retinol akan merasa kulit mereka kering.
2. Kulit menjadi kemerahan
3. Terjadinya peradangan
4. Gatal-gatal
5. Kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, karena itu harus rutin menggunakan sunscreen. ketahui manfaat sunscreen.

Risiko efek samping dapat dikurangi dengan memperhatikan beberapa hal ini:
1. Tunggu penggunaan retinol 30 menit setelah mencuci muka
2. Perkenalkan retinol secara perlahan, dapat dimulai dengan menggunakan 2 minggu sekali untuk meningkatkan toleransi kulit pada kandungan retinol
3. Hindari area mata dan mulut. Pastikan untuk menggunakan pelembap setelah itu.
4. Hanya gunakan di malam hari
Demikian fungsi, manfaat, dan efek samping dari penggunaan retinol. Namun, selain efek samping, memiliki kondisi eksim atau rosacea, tidak disarankan untuk menggunakan retinol. Ibu hamil dan menyusui juga tida diperbolehkan untuk menggunakan retinol karena meningkatkan risiko kecacatan atau keguguran pada janin.
Sekilas info, semoga bermanfaat
RobertoNews 1493《21.7.22 (08.00)》
• Praktisi Dokter &, Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait