Apa Itu Stromal Vascular Fraction

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS *
Dunia kedokteran semakin hari semakin maju?bahwa anda pernah mendengar terapi Stromal Vascular Fraction ? Yang konon dalam penyembuhan luka yang progressif dizaman now.
Stromal vascular fraction cell ( SVFs) merupakan metode pengobatan yang memamfaatkan adipose derived stem cell dan hematopoitik yang dapat berdeferensiasi dan proliferasi yang memiliki banyak efek yang menguntungkan pada berbagai jenis luka, penelitian ini bertujuan membuktikan efektifitas pengunaan SVFs dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

Stromal vascular fraction cell (SVFs) lebih baik dalam proses penyembuhan luka dibandingkan perawatan dengan moist standar (Vaseline) yang dibuktikan dengan percepatan pertumbuhan epitelisasi, peningkatan jumlah capillary density, dan percepatan pertumbuhan kolage.

SVF merupakan komponen jaringan tubuh yang mengandung sel-sel imunitas dan sel punca. Studi sebelumnya telah menunjukan SVF ternyata memiliki efek yang sama baiknya dengan sel punca pada tikus dengan model disfungsi ereksi dan inkontinensia. Isolasi SVF juga tergolong lebih mudah daripada isolasi sel punca.

Terapi stem cell atu sel punca selama ini digadang-gadang sebagai solusi terbaik untuk mengatasi penuaan manusia yang ditandai oleh kelemahan fisik dan fisiologis. Namun seiring perkembangan ilmu kedokteran, terapi generasi sel yang paling baru adalah Stromal Vascular Fraction atau SVF dan Immune Cell Therapy (ICT). Keduanya diklaim lebih baik dan lebih aman dibanding terapi stem cell atau sel punca.

Setelah melalui penelitian, dalam terapi SVF dan ICT, pasien menggunakan sel yang diambil dari lemaknya sendiri atau disebut autologous.

Berdasarkan literatur terkini, sumber sel punca yang paling banyak di tubuh kita berasal dari jaringan lemak dan proses pengambilan jaringan lemak di tubuh biasanya dilakukan oleh dokter yang memiliki kompetensi di bidang tersebut, yaitu dokter bedah plastik.“Dan perlu diketahui pula bahwa sel punca yang teraman adalah yang berasal dari diri kita sendiri (autologus),” kata dr Krista Ekaputri.

“SVF juga telah digunakan sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengatasi penuaan di kulit. Sama halnya dengan terapi sel punca, terapi SVF juga memiliki fungsi menggantikan atau meregenerasi sel- sel di tubuh kita yang mengalami kematian yang salah satunya disebabkan oleh penuaan tubuh,” paparnya.

Lebih jauh dia menjelaskan SVF yang merupakan kumpulan sel, hasil pengolahan lemak yang diambil dari tubuh pasien mengandung beberapa jenis stem cell, fibroblas, sel progenitor, sel-sel darah serta sel-sel imunitas yang semuanya berguna untuk tubuh manusia.
“Perbedaannya adalah SVF dan Stemcell adalah
1. SVF didapatkan dari jaringan lemak tanpa proses kultur, sebaliknya stem cell didapatkan harus melalui proses kultur terlebih dahulu.
2. SVF mengandung banyak jenis sel, termasuk beberapa jenis stem cell, yang saling bersinergi untuk proses perbaikan jaringan atau organ tubuh, sedangkan stem cell hanya terdiri dari satu jenis sel yaitu stem cell itu sendiri.
3. proses SVF adalah 2-3 jam, sedangkan stem cell berhari-hari hingga berminggu-minggu untuk mendapat produk stem cell saja.
4. SVF diproses dengan menggunakan enzim rekombinan yang tidak berasal dari hewan (animal free origin).

Adapun manfaat stem cell yang terkandung dalam SVF diantaranya adalah untuk pengobatan
1. gagal ginjal
2. neuropati
3. Osteoarthritis
4. Diabetes berikut komplikasinya
5. Penyakit-penyakit degeneratif, termasuk pada tulang.
6. Kelainan otak seperti stroke, dementia, cerebral palsy, epilepsi, autism, Parkinson,
7. Penyakit-penyakit autoimun seperti psoriasis, rheumatoid artritis, multiple sclerosis, sjogren’

Demikian sajian singkat mengenai Stroma Vascular Fraction 8ni, semoga bermanfaat guna.
RobertoNews 1674《15.5.23 (08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com

Pos terkait