Apa Khasiat Bawang Putih ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Dalam setiap menu masakan baik chenese food,Indonesia food,European food, bawang putih
tak akan hilang di masakan katanya penambah lezat makanan,sehingga komsumsi bawang masak ini terbanyak yg membuat saya heran bagi orang masuk angin orang memakai bawang putih untuk dikirik katanya bisa hilang angin , ini adalah reaksi kimiawi yang nyata asam laktat dihancurkan sehingga badan terasa segar.Belum lagi melihaat keluarga Pak Syarif yang dalam makanan tersedia satu botol bawang putih ( garlic ), yang mereka makan setenfah matang garlic satu persatu sehingga menyebabkan nafas mereka berbau bawang,katanya untuk anti kanker dan enak kentut.

Zaman nenekku bawang putih ini digunakan untuk anti flu, bawang putih dicincang halus dan dibungkus pakai kain untuk diisap ke hidung, flunya hilang bahkan dalam masakan diberi bawah putih untuk menghilangkan kolesterol, untuk lebih jelas fungsi bawang putih atau garlic adalah unyuk apa,mari kita bahas……..?

Bawang putih menjadi bumbu utama dari hampir semua masakan di Indonesia.Membersihkan pencernaan.Mengurangi masalah saraf.Menurunkan hipertensi.Menyehatkan darah. …
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Baik untuk lever.

Bawang putih memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat bawang putih contohnya mengatasi flu, menjaga kesehatan kulit, mencegah kanker, hingga meningkatkan kekebalan tubuh

Bawang putih adalah bumbu masak yang tak dapat terpisahkan dari hidangan Indonesia. Akan tetapi, tahukah kamu manfaat mengonsumsi bawang putih mentah tanpa mencampurnya dengan makanan?

Bawang putih mengandung beberapa nutrisi penting dan rendah kalori. Satu siung bawang ini mengandung mangan, Vitamin C, selenium, dan sejumlah kecil serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B6, dan kalium.Selain itu, bawang ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga bermanfaat untuk mencegah berbagai paparan radikal bebas yang bisa memicu gangguan kesehatan.

MANFAAT BAWANG PUTIH
1. Mengatasi flu
2. Bawang putih dapat mengontrol kolesterol
3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
4. Mencegah penyakit kanker
5. Menurunkan tekanan darah
6. Mencegah penyakit alzheimer dan demensia
7. Mengontrol kadar gula darah
8. Meningkatkan kinerja fisik
9. Mengoptimalkan kesehatan tulang
10. Kaya akan Nutrisi
11. Sumber Antioksidan
12. Menjaga Berat Badan Ideal
13. Rahasia Awet Muda
14. Menghindari Kepikunan
15. Mengobati Sakit Gigi
16. Membersihkan Komedo
17. Mengatasi Jerawat
18. Menghilangkan Bekas Luka
19. Menurunkan Dampak Alergi

Penyakit yang dapat disembuhkan maupun dicegah oleh bawang putih adalah penyakit menular, sedangkan beberapa penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif diantaranya adalah hipertensi, hiperkolesterol, aterosklerosis dan banyak yang lainnya

SEBERAPA BANYAK KOMSUMSI BAWANG PUTIH .?
Karena khasiatnya yang bisa dibilang mujarab seharusnya tidak membuat kita terlalu kalap atau berlebihan dalam mengkonsumsi bawang putih mentah. Sebenarnya tidak ada anjuran yang paten dalam menentukan seberapa banyak kita harus mengkonsumsi bawang putih mentah. Jika kita memiliki kondisi tubuh yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan serius, maka bisa makan 1-4 siung bawang putih per harinya. Hal tersebut dikemukakan oleh para ahli dari University of Maryland Medical Center.

Namun hal itu bisa bermasalah jika anda memiliki gangguan percernaan karena bawang putih mentah dapat memperparahnya. Selain itu Grameds juga harus berkonsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi bawang putih mentah jika memiliki keluhan alergi, asma, tekanan darah rendah, bisul, akan melakukan prosedur operasi, atau masalah tiroid. Anda juga dihimbau mengurangi konsumsi bawang putih jika sedang mengkonsumsi sejumlah obat, seperti Pil KB, Isoniazid (Nydrazid, Cyclosporine, Obat HIV/AIDS, Obat anti nyeri NSAID, dan obat pengencer darah (Warfarin).

Perlu anda perhatikan jika gemar makan bawang putih mentah karena bisa berbahaya jika mengkonsumsinya terlalu banyak. Yang akan paling terasa saat mengkonsumsi bawang putih mentah adalah mulut terasa pana, diare, mual dan bau mulut atau bau badan. Jadi konsumsi bawang putih mentah tersebut secukupnya saja agar nutrisi bumbu dapur ini bisa optimal diserap tubuh.
Sekilas info,semoga bermanfaat
RobertoNews 1735《14.12.23 (07.07)》
• Praktisi Dokter & Penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait