Sektor Pariwisata Sumbang Rp. 705 Triliun 

  • Whatsapp

Bandung beritalima.com | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ad Interim, Erick Thohir menyebut keberhasilan sektor pariwisata menyumbang Rp705 triliun terhadap perolehan PDB (produk domestik bruto) pada 2022.

Pihakya bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kemenparekraf berkomitmen untuk mendorong dan mempercepat pengembangan sektor parekraf Indonesia, terutama di lima destinasi pariwisata super super prioritas (DPSP).

Bacaan Lainnya

Di antaranya dengan mencantumkan tiga target RPJMN 2024-2029, peningkatan utilisasi 14 airport dari 27 airport sebagai hub internasional, dan menyusun dasar hukum dari Indonesia Tourism Fund yang mencapai angka Rp 2,5 triliun per tahun.

“Kita harus pastikan bahwa pengembangan sektor pariwisata yang masif ini tidak boleh merusak kelestarian lingkungan, kita harus jaga lingkungan hijau di area pengembangan pariwisata kita,” ujar Erick, yang hadir secara daring dalam Rakornas Parekraf 2023 di The Trans Luxury, Bandung, Jawa Barat (12/12).

Rakornas bertema “Indonesia Maju Bersama Parekraf Hijau” yang dibuk oleh Menparekraf Sandiaga Uno ini diharapkan menjadi ajang untuk memperkuat orkestrasi dan harmonisasi dari seluruh program dan kebijakan kementerian/lembaga.

“Banyak masyarakat sekarang yang mengharapkan pariwisata menciptakan peluang dan lapangan kerja, ekonomi kreatif menciptakan kestabilan harga-harga bahan pokok. Sehingga, masyarakat yang mengeluh biaya pangannya melimpah bisa kita solusikan dengan ekonomi kreatif,” ungkap Sandiaga.

Jurnalis : Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait