Apa Khasiat Buah Kedondong.?

  • Whatsapp

Oleh
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Suatu sore saya bertamumke rumah Pak Zainuddin saya dihidangkan sepiring manisan kedondong dan buah juice kedondong, saya coba makan dan minum ternyata enak menambah nafsu makan tinggi,kata Pak Zaiinuddin minum kedodong mata bisa lebih terang beda dengan Bu Ayya dia buat manisan kedondong untuk dijual dimasukan dalam toples besar tapi Bu Mira tiap hari minum kedondong buat kesehatan jantung.

Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan. Kedondong ini merupakan tanaman buah yang umumnya banyak sekali terdapat di seluruh daerah tropis dan termasuk kedalam angiospermae. Biasanya dalam bahasa Inggris menyebutnya dengan Ambarella, Ataheitte apple / Great hot plum.

Kedondong adalah salah satu jenis buah yang mungkin pernah kamu konsumsi. Biasanya, buah yang satu ini lebih nikmat saat disantap sebagai rujak. Rasanya yang masam dan sedikit manis membuat kedondong lebih segar saat dijadikan rujak. Bukan cuma lezat dan menyegarkan, kedondong juga dilengkapi dengan berbagai nutrisi penting.
Nutrisi yang terkandung dalam kedondong ini tentunya memberikan banyak manfaat kesehatan. Kendati demikian, manfaat kesehatan ini bisa luntur apabila kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Buah kedondong dikenal dengan rasanya yang masam. Buah ini kerap hadir dalam rujak atau diolah menjadi asinan. Buah tropis ini sangat mudah ditemukan dan dibudidayakan. Rasa asam yang dimiliki buah ini memberi sensasi segar tersendir bagi siapa pun yang menyantapnya.Buah kedondong berwarna hijau dan keras ketika muda berubah kehijauan-kuning, kuning atau kuning keemasan ketika matang. Buah ini kaya serat dan air yang sangat menguntungkan untuk tubuh.Di balik kesegarannya, buah kedondong memiliki manfaat bagi kesehatan. Buah ini kaya akan vitamin C, B, dan A yang menguntungkan bagi tubuh. Kedondonh juga mengandung mineral penting seperti zat besi dan fosfor.Konsumsi buah kedondong mampu meningkatkan kekebalan, mencegah penyakit, dan mengatasi masalah kesehatan tertentu. Kedondong tak hanya nikmat disantap namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut 10 manfaat buah kedondong yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/2/2020).

Di balik rasa asamnya yang khas, manfaat kedondong bagi kesehatan ternyata tidaklah sedikit. Buah yang umum dikonsumsi sebagai lalapan, rujak, dan campuran es buah ini mengandung beragam nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh.Kedondong merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, buah kedondong mudah ditemukan dan sering kali dikonsumsi sebagai bagian dari menu makan sehari-hari.

Dalam 100 g buah kedondong, terkandung sekitar 40 kalori dan beragam nutrisi berikut:n1 g protein dan serat, 12 g karbohidrat, 0,1 g lemak, 230 IU vitamin A, 30 mg vitamin C, 2,8 mg zat besi,15 mg kalsiu, 65 mg fosfor
Tak hanya beragam kandungan di atas, kedondong juga mengandung vitamin B serta antioksidan flavonoid dan polifenol. Selain itu, buah kedondong juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antikanker
Air,Protein,,Lemak sehat, Gula alami, Vitamin C dan A,Kalsium Fosfor, Zat besi, Flavonoid,,Terpenoid,,Tanin,,Saponin, dan,Glikosida jantung.

MANFAAT KEDONDONG
1. Meningkatkan imunitas tubuh
2. Menurunkan risiko penyakit jantung
3. Menjaga Kesehatan Mat
4. Melancarkan pencernaan
5. Menjaga kesehatan kulit
6. Menurunkan berat badan

Dr. S. D. Hapuarachchi, seongan dosen senior di Institute of Indigenous Medicine, Department of Dravyaguna Vignana mengatakan, buah kedondong paling enak dikonsumsi mentah dan segar.“Daun yang lebih matang bisa disantap sebagai lalap. Buahnya lebih manis saat warnanya kuning. Buah yang matang digunakan untuk membuat minuman jus segar, cordials dan dapat dibuat menjadi nektar yang dapat digunakan untuk yogurt,” kata dia.Hapuarachchi menambahkan, di Indonesia dan Malaysia, buah kedondong biasa dimakan dengan terasi, garam, gula, dan cabai.

Nah, kedondong cenderung memiliki cita rasa yang masam. Kelebihan asam berisiko memicu masalah pencernaan seperti sakit perut, perut kembung, perut bergas, sampai diare. Serat yang ada pada kedondong juga bisa membuat kamu cepat kenyang, sehingga kamu dapat kesulitan mengonsumsi makanan lain, yang tentunya mengandung gizi dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Meskipun kandungan gula dalam kedondong tidak terlalu tinggi, jika dikonsumsi terlalu banyak tetap dapat memberikan efek tertentu. Tubuh dapat mengubah gula tersebut menjadi lemak untuk digunakan nanti jika tidak segera membakarnya. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat memicu kenaikan berat badan, masalah metabolisme, risiko diabetes, hingga masalah pada kesehatan gigi, sebab itu makan kedondong harus ada batasnya ,jangan terlalu banyak, Demikian sekilas info tentang khasiat buah kedondong terhadap kesehatan kita.
RobertoNews 1251 《1.3.22 (07.00)》
• Praktisi Dokter& Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait