Apa Khasiat Sebuah Semangka ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Dalam sebuah jamuan Aku melihat di hidangan tersedia buah semangka sebagai menu pencuci mulut dan kelihatan ramai orang mencicipinya begitu pula dirumah bu Ayya tetap tersedia buah semangka sehabis makan ,beda pula pak Iwan semangka dibuat juice untuk di minum setiap pagi katanya untuk mencegah panas dalam.

Semangka adalah tanaman buah yang memiliki nama ilmiah Citrullus lanatus. Tanaman semangka hidup dengan cara merambat. Buahnya juga dikenal sebagai watermelon dalam bahasa Inggris.Satu porsi semangka merupakan sumber vitamin C dan vitamin A yang sangat baik, memberikan persentase yang signifikan dari kebutuhan harian tubuh untuk keduanya. Vitamin C membantu mempercepat penyembuhan luka dan memiliki sifat antipenuaan serta meningkatkan imunitas tubuh.Semangka merupakan salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dan kandungan air yang tinggi membuat semangka sering dikonsumsi untuk mengusir rasa haus di tengah cuaca panas.

Selain dikonsumsi secara langsung, semangka juga dapat diolah menjadi jus atau es krim yang nikmat dan menyehatkan. Tak jarang semangka juga dijadikan sebagai campuran es buah atau salad.
Tak hanya segar saat disantap, buah semangka ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.salah satu keunggulan semangka yakni buah ini rendah kalori. Setiap satu cangkir atau 154 gram, semangka hanya mengandung 46 kalori. Kalori semangka lebih rendah ketimbang beberapa buah rendah gula lainnya seperti beri-berian.

Berdasarkan publikasi Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta, varietas buah semangka yang dibudidayakan di Indonesia dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu:

1. Semangka Lokal, yaitu Semangka Hitam dari Pasuruan, Semangka Batu Sengkaling dan Semangka Bojonegoro.
2. Semangka Hibrida Impor (dari hasil silangan) yang mempunyai keunggulan tersendiri dan diklasifikasikan menurut benih murni negara asalnya, seperti benih Yamato, Sugar Suika, Cream Suika, dan lainnya.

Buah semangka bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan buah semangka terdiri dar 92% air, menurut artikel oleh Ambreen Naz, dkk. dalam “EXCLI Journal”. Konsumsi buah semangka telah diteliti dapat mengurangi tingkat kemunculan kanker, gangguan kardiovaskular, diabetes, dan penyakit maku

Setelah empat minggu, partisipan yang makan semangka dalam penelitian dilaporkan mengalami:
1. Peningkatan antioksidan yang lebih tinggi dalam darah.
2. Penurunan berat badan dan indeks massa tubuh (BMI).
3. Penurunan tekanan darah sistolik.
4. Peningkatan rasio pinggang-pinggul.

Kandungan buah semangka terdiri dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dilansir dari situs FoodData Central oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat, kandungan buah semangka dengan berat 154 gram terdiri dari:
Energi: 46,2 kalori.,Karbohidrat: 11,6 gram, termasuk 9,6 gram gula.,Serat: 0,6 gram.,Kalsium: 10,8 miligram.Fosfor: 16,9 miligram.,Magnesium: 15 miligram,Kalium: 172 miligram.,Vitamin C: 12,5 miligram.Folat: 4,6 mikrogram.,Kolin: 6,3 miligram.,Vitamin A: 43,1 mikrogram.,Beta karoten: 467 mikrogram.,Lutein & zeaxanthin: 12,3 mcg Likopen: 6.980 mikrogram.,Fitosterol: 3,08 miligram,Vitamin B, seperti thiamin, niacin, dan riboflavin.,Seng, mangan, selenium, fluorida, dan mineral penting lainnya.,Triptofan, leusin, lisin, arginin, dan antioksidan lainnya.

MANFAAT BUAH SEMANGKA

1. Menghidrasi tubuh
2. Menurunkan tekanan darah
3. Mengurangi nyeri otot
4. Membantu mengontrol berat badan
5. Melancarkan pencernaan
6. Mencegah penyakit kronis
7. Menjaga kesehatan kulit dan rambut
8. Menjaga kesehatan mata

Konsumsi buah semangka untuk ibu hamil dapat membawa berbagai manfaat kesehatan. Publikasi dalam “EXCLI Journal” menyebutkan bahwa buah semangka mengandung likopen, yaitu karotenoid tetrapenik dengan rumus molekul C40H56.Likopen berperan sebagai antioksidan. Antioksidan penting untuk kesehatan secara keseluruhan karena mencegah kerusakan sel Anda. Sebuah studi tahun 2019 dalam “British Journal of Nutrition” menganalisis konsumsi buah semangka bagi 2.000 wanita hamil.

Setiap peningkatan 1 miligram likopen, terdapat risiko 5% lebih rendah untuk terkena diabetes gestasional bagi ibu hamil. Wanita dalam kelompok suplementasi likopen juga memiliki tingkat lebih rendah dalam insidensi bayi yang terhambat pertumbuhannya.Makan semangka selama kehamilan mungkin juga bermanfaat bagi bayi. Penelitian lain dalam “Journal of Obstetrics and Gynaecology Research” menemukan bahwa likopen mengurangi kemungkinan pembatasan pertumbuhan intrauterin, yaitu kondisi bayi yang tidak tumbuh ke ukuran normal. Likopen juga berpotensi agar bayi tidak mengalami masalah pernapasan. Selain manfaat likopen, semangka juga mengandung vitamin dan mineral. Misalnya, ada kalium, mangan, dan magnesium.Ibu hamil dapat mengonsumsi semangka untuk untuk menjaga kesehatan tulang, tekanan darah, dan fungsi saraf
.
Sebuah artikel oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health menjelaskan asupan air yang cukup berfungsi untuk:
1. Mengatur suhu tubuh.
2. Menjaga pelumasan sendi.
3. mencegah infeksi.
4. Mengantarkan nutrisi ke sel.
5. Menjaga organ agar berfungsi dengan baik.

Selain menawarkan beragam manfaat di atas, semangka juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal, meredakan gejala asma, dan mencegah anemia. Namun, berbagai klaim manfaat semangka tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya Untuk mendapatkan manfaat buah semangka secara maksimal, Anda perlu memperhatikan kebersihan dan cara mengolahnya. Pilihlah semangka yang kondisinya masih baik dan tidak ada cacat pada kulit buahnya. Jangan lupa juga untuk mencuci semangka terlebih dahulu sebelum memotong dan mengonsumsinya.
RobertoNews 1240 《18,2.22(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait