Apa Manfaat Buah Plum ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Dalam minggu berturut turut kami sajikan tentang manfaat buah buahan yang masih banyakmorang tak tahu tentang manfaatnya walaupun diketahui buahnya. Saat kami ke keluarga bu Lilies ,saya terheran heran melihat sekeluarga mereka lagi makan plum,ada dipotong halus dan ada di jus katanya Plum untuk membuat untuk kesehatan mata dan anti tulang keropos, katanya setiap habis makan harus makan satu biji Plum deh.

Indonesia hidup dalam 2 musim yaitu musim panas dan dingin namum buah Plum bisa tumbuh subur di tropis padahal hidup di daerah sub tropis dengan 4 musim.Manfaat buah plum bagi kesehatan didapatkan berkat kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya. Buah ini baik dikonsumsi untuk beragam masalah kesehatan, mulai dari mengatasi sembelit hingga mencegah osteoporosis

Buah plum mampu melancarkan peredaran darah dalam arteri, sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi buah plum dapat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke.

Cara makan buah plum yang paling sederhana, mudah, dan sehat adalah memakannya langsung tanpa diolah. Buah plum yang sudah matang tinggal dicuci, dibelah, dan dibuang bijinya. Buah plum yang sudah matang rasanya manis dan segar, sehingga sangat cocok dijadikan makanan penutup setelah makanan utama.

IDENTITAS PLUM
Buah plum pertama kali berasal dari China, lalu diperkenalkan ke Jepang dan dibudidayakan hingga ke Eropa dan Amerika. Sampai sekarang, terdapat 2.000 varietas berbeda di seluruh dunia.Buah ini memiliki tampilan luar yang mirip apel dengan diameter sekitar 5 sampai 6 sentimeter. Kulit luarnya halus dengan daging buah bertekstur lembut. Buah ini masih satu keluarga dengan persik dan aprikot.Warnanya kulitnya beragam, mulai dari ungu, merah, hijau, kuning, hingga oranye. Sementara dagingnya berwarna kuning, oranye, atau merah muda. Rasanya manis dan segar, cocok untuk hidangan penutup setelah makan

Plum termasuk ke dalam keluarga Rosaceae yang juga mencakup buah persik dan buah aprikot. Dikenal bisa membantu menurunkan berat badan, ternyata masih ada sejumlah kandungan manfaat buah plum lainnya yang sayang untuk dilewatkan.Bagi para ibu hamil yang juga ingin melakukan diet sehat, buah plum sangat cocok untuk Ibu karena terdapat sejuta manfaat buah plum untuk diet dan kesehatan ibu hamil. Itu karena buah plum memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan tubuh, seperti kalium, folat, serta, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, serta mineral.

KANDUNGAN BUAH PLUM :
Energi: 30 kalori.
Karbohidrat: 8 gram.
Serat: 1 gram.
Gula: 7 gram.
Vitamin A: memenuhi 5% dari angka kebutuhan gizi.
Vitamin C: memenuhi 10% dari angka kebutuhan gizi.
Vitamin K: 5% dari AKG
Kalsium.Magnesium.Vitamin K.Fosfor.Kalium.Vitamin C.Folat. Vitamin A.

MANFAAT BUAH PLUM
Buah ini kaya akan serat dan rendah kalori. Oleh karena itu, manfaat buah plum untuk kesehatan tidaklah sedikit.Plum mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, mangan, fosfor, dan tembaga. Selain kaya akan serat, plum juga kaya akan antioksidan, seperti antosianin dan fenol. Kandungan-kandungan inilah yang membuat buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
1. Menurunkan berat badan
2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
3. Menjaga kesehatan mata
4. Mencegah sembelit
5. Menjaga kadar gula darah
6. Mencegah osteoporosis
7. Menghilangkan Stress
8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
9. Mencegah Kelahiran Prematur
10. Membantu Penyerapan Zat Besi
11. Baik untuk Kesehatan Jantung
12. Baik untuk Kulit
13. Mencegah Anemia
14. Mengendalikan Kolesterol
15. Bagus untuk Diet
16. Menjaga Kelancaran Sistem Saraf
17. Mengobati Flu
18. Mencegah Kanker
19. Kaya Anti-Oksidan
20. Meningkatkan Daya Ingat
21. Mencegah Pembekuan Darah
22. Menjaga Keseimbangan Elektrolit dalam Tubuu

Buah Plum ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang dengan batu ginjal, karena kandungan asam oksalat dalam buah ini cukup tinggi. Selain itu, buah plum juga berbahaya untuk dikonsumsi oleh orang yang hendak melakukan operasi.

Serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut dan berfungsi membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran.Asam empedu merupakan senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh organ hati.Ketika asam empedu diekskresikan bersama dengan serat buah plum, hati harus memproduksi asam empedu baru dan memecah lebih banyak kolesterol, sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang beredar.

Dengan sederetan manfaat buah plum ini kita akan tak kurang vitamin kalau memakan buah plum ini, semoga sajian singkat ini bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.
RobertoNews 1737《 18.12.23 (07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait