Apa Peran Adiponektin Untuk Diabetes Melitus

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Banyak orang awam beranggapan bahwa pemeriksaan cukup berorientasi di Gula puasa,Gula 2jpp
dan HbA1C sudah cukup pada hal masih banyak parameter pendukung yang harus dievaluasi diantanya adalah ADIPONEKTIN. Sampai detik ini semua orang gula normal dianggap Diabetes Sembuh,sebenarnya salah harus kendali komplikasi baru benar,Sakit Diabetes bukan persoalan banyak makan gula tok tapi banyak faktor penyebabnya di antara salah satu penyebabnya karena insulin terbungkus lemak yang kita sebut Adiponektin Rendah.Terkadang kita mengobati Diabetes dengan regulasi Insulin tetap tidak normal ini karena ada faktor Adiponetin dalam darah .

Adiponektin adalah suatu adipositokin yang dihasilkan dari jaringan lemak. Adiponektin mempunyai peranan penting dalam regulasi dari metabolisme glukosa dan resistensi insulin.

Di Kongres DM sedunia Nop 2012 di Kyoto dan IDF Congress di Melbourne Des 2013 maupun IDF Congress di Vancouver -Canada Des2015 selalu membahas Peran Adiponektin sebagai parameter baru untuk skrening awal penderita DM Penentuan konsentrasi adiponektin sangat penting untuk menentukan risiko Penyakit Jantung Koroner (PJK) pada penderita DM

Adiponectin berperan dalam metabolisme karbohidrat dan lemak melalui peningkatkan sensivitas insulin berperan anti inflamasi, anti aterogenik dan anti trombotik sehingga mempunyai nilai klinis untuk memprediksi pada kasus;
1. DM tipe 2 dg insulin resistensi (Homa IR tinggi)
2. Obesitas central
3. Lipid Pofil abnormal terutama Tg tinggi/HDL rendah
4. NASH(nonAlkohol SteatoHepatitis)
5. Pre-Hipertensi maupun Hipertensi
6. Fatty liver
7. Kanker,
8. Polycystic ovary syndrome

Kadar Adiponectin rendah dijumpai pada penyakit :
1. Obesitas
2. DM tipe2
3. Insulin Resistensi
4. Dislipidemia
5. Penyakit jantung n pembuluh darah

Apa itu ADIPONEKTIN ?
Adiponektin merupakan protein spesifik yang disekresikan oleh sel adiposit dan bersifat anti- inflamasi. Adiponektin secara medis telah menjadi perhatian khusus dalam dua dekade terakhir terutama karena memiliki hubungan dengan obesitas.

Adiponektin merupakan salah satu protein yang memiliki efek yang penting dalam menjaga keseimbangan gula dan lemak. Adiponektin berfungsi dalam meningkatkan kepekaan/sensitivitas organ-organ tubuh terhadap insulin sehingga berperan dalam mengatur keseimbangan gula didalam tubuh.
Pada kondisi normal, adiponektin akan menjaga keseimbangan gula darah melalui penurunan gula yang diproduksi oleh hati dan memaksimalkan penggunaan gula oleh organ-organ tubuh yang memerlukan gula sebagai sumber tenaga.

Kenapa Adiponektin itu penting harus diperiksa ?
Pemeriksaan Adiponektin juga bermanfaat untuk melihat risiko kencing manis dikemudian hari karena adiponektin berperan dalam menjaga keseimbangan metabolisme gula darah lewat dalam tubuh.
Individu yang memiliki faktor risiko adalah mereka yang mempunyai keluarga keturunan kencing manis. Mereka dapat melakukan pemeriksaan adiponektin ini untuk melihat kemungkinan terjadinya kencing manis dikemudian hari.

Hubungan antara : Adiponectin- Lipid profil – HomaIR ?
Bagi mereka yang komsumsi lemak tinggi n kurang beraktifitas olahraga sehingga menumpuk kadar lemak sentral di perut menyebabkan nilai adiponectin rendah—> HomaIR tinggi—->Gula2jampp tinggi karena mengalami resistensi insulin.
Sebab itu penderita yang cendrung kadar Chol-Tg tinggi mempunyai kadar Adiponectin rendah sehingga berdampak pada pemecahan gula darah tidak sempurna akhirnya gula 2jpp selalu cendrung tinggi sekali
1. Adiponectin semakin tinggi semakin bagus Peningkatan konsentrasi adiponektin berkaitan dengan konsentrasi gula yang lebih baik, profil lemak yang lebih baik dan penurunan peradangan (inflamasi) kronis pada individu dengan resistensi insulin dan penderita kencing manis.
2. Adiponektin rendah berarti dia mengalami Insulin Resistensi otomatis Homa~IR tinggi ——>Gula 2jpptinggi dikatagori SAKIT DIABET.
Untuk menaikkan kadar Adiponectin dapat dibantu dengan 2 cara
1. Olahraga rutin seminggu 4-5 kali dengan interval waktu 45menit/hari
2..Adiponectin Human Recombinant (ada 11 jenis beredar di pasaran) metode melalui suntikan.
Sekilas info Semoga bermanfaat
RobertoNews 1792《6.6.24(07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kedokteran

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait