Apa Vitamin B17 Untuk Obati Kanker?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Waktu ke rumah Tuti Aminah melihat mereka kok makan makanan kacang kacangan ,wortel,apel yang begitu banyak ,lalu saya tanya untuk apa? Katanya makanan sehat untuk ANTIKANKER….saya terkejut!
Vitamin B merupakan satu-satunya vitamin yang memiliki banyak sekali jenis. Selain vitamin B1, B2, dan B12 yang sudah lebih umum dikenal, ada pula vitamin B17 alias amygdalin yang kabarnya memiliki potensi mengobati beberapa jenis penyakit.

Vitamin B17 adalah senyawa (zat) yang sering kali ditemukan dalam biji-bijian, kacang mentah, dan beberapa jenis sayuran. Senyawa ini dikenal juga sebagai amygdalin dan secara teknis bukanlah bagian dari vitamin B kompleks.Amygdalin digunakan untuk membuat obat yang disebut laetrile, tapi keduanya tidaklah sama. Laetrile merupakan obat yang dibuat dari amygdalin yang telah dimurnikan. Jadi, baik amygdalin maupun laetrile sama-sama bukan vitamin B yang sesungguhnya.

Vitamin B17 adalah nama kimia dari amygdalin yaitu senyawa tanaman yang mengandung gula dan menghasilkan sianida. Sedangkan amygdalin dalam bentuk yang sudah dimurnikan dikenal dengan sebutan laetrile.Laetrile yang merupakan obat sintesis dari amygdalin dapat mempercepat proses penyembuhan pada pengidap kanker. Cara kerjanya dengan membunuh sel kanker dengan mekanisme apoptosis.
Apoptosis yaitu proses ketika sel kanker menghancurkan diri sendiri untuk mencegah penyebaran penyakit (metastasis). Ketika mengonsumsi vitamin B17 dalam bentuk laetrile, tubuh memecahnya menjadi sianida.

HUBUNGAN VIT B17 UNTUK KANKER
Banyak ahli mengklaim bahwa produk laetrile merupakan komponen obat untuk melawan kanker. Kendati menjanjikan, hal ini belum disetujui oleh US Food and Drug Administration (FDA) yang mengawasi obat dan makanan di Amerika Serikat. Bagaimana cara kerja amygdalin dalam pengobatan kanker? Zat ini ternyata membunuh sel kanker melalui mekanisme apoptosis, yakni ketika sel yang berbahaya menghancurkan dirinya sendiri untuk mencegah penyebaran penyakit atau infeksi.

Ketika Anda mengonsumsi vitamin B17 dalam bentuk laetrile, tubuh akan memecahnya menjadi hidrogen sianida, benzaldehida, dan prunasin. Para ahli menduga bahwa sianidalah yang memicu apoptosis pada sel kanker tanpa merusak sel yang sehat.Beberapa enzim dalam tubuh Anda akan mengubah hidrogen sianida menjadi tiosianat. Zat ini dapat mengubah lingkungan sel menjadi lebih asam sehingga tidak mendukung pertumbuhan sel kanker. Dengan begitu, sel kanker akan lebih cepat mati.
Klaim ini telah diperkuat oleh beberapa hasil penelitian. Contohnya, sebuah penelitian dalam jurnal Current Molecular Pharmacology menunjukkan bahwa amygdalin mampu membunuh sel kanker payudara dan mencegah penyebarannya.

Studi lainnya pada tahun yang sama juga membuktikan manfaat vitamin B17 dalam membunuh sel kanker prostat tanpa menyebabkan kerusakan organ. Berkat manfaat ini, amygdalin mungkin saja dapat menjadi obat kanker multifungsi di kemudian hari.

MANFAAT VITAMIN B17
1. Menurunkan tekanan darah
Mengacu sebuah penelitian pada 2011, penggunaan amygdalin membantu menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 8,5% dan tekanan diastolik sebesar 25%. Manfaat ini bahkan menjadi semakin besar bila Anda mengonsumsi amygdalin bersama vitamin C.
2. Membantu mengurangi nyeri sendi
Sebuah penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa vitamin B17 dapat meredakan nyeri akibat radang sendi (artritis). Akan tetapi, penelitian lama ini belum diperbarui dan hasilnya masih perlu dikaji pada manusia.
3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Amygdalin digunakan dapat meningkatkan kemampuan sel-sel kekebalan tubuh untuk menempel pada sel lain yang terserang oleh patogen. Hal ini mungkin juga membantu tubuh untuk melawan sel-sel kanker.
4.Tak Hanya Mengatasi Kanker
Vitamin B17 efektif menurunkan tekanan darah. Manfaat ini ditemukan dari sebuah studi yang dilakukan pada orang berusia 40 dan 65 tahun. Hasilnya, amygdalin dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik (yang diedarkan keseluruh tubuh) sebesar 28.5 persen dan tekanan darah diastolik (saat otot jantung beristirahat) sebenar 25 persen.
5. Terkandung Dalam Beberapa Jenis Makanan
Amygdalin atau senyawa yang berasal dari vitamin B17 terkandung dalam beberapa jenis makanan, termasuk kacang almond dan biji aprikot. Nutrisi tersebut juga terdapat pada makanan yang mengandung beta-glucuronidase atau vitamin C.
6. Bisa Menimbulkan Efek Beracun
Jika seseorang mengonsumsi vitamin B17 dalam dosis berlebihan, usus kecil mengubahnya menjadi senyawa sianida. Dalam 500 miligram amygdalin mengandung 30 miligram sianida.
Ada banyak sekali penelitian yang menunjukkan manfaat amygdalin bagi kesehatan, khususnya untuk melawan kanker. Meski demikian, penelitian yang ada ternyata belum cukup untuk membuktikan bahwa senyawa ini benar-benar mampu mengobati kanker.Pasalnya, kebanyakan penelitian dilakukan terhadap hewan atau sel-sel dalam cawan petri. Sekalipun amygdalin mampu membunuh sampel sel, belum tentu efek yang sama bekerja dalam tubuh manusia.Tubuh manusia sangatlah rumit. Untuk dapat disebut sebagai obat kanker, laetrile atau amygdalin tidak hanya harus bisa membunuh sel kanker. Zat ini juga harus memenuhi kriteria lain, misalnya dapat bertahan dalam sistem pencernaan atau aliran darah.

EFEK SAMPING VITAM8N B17
1. mual dan muntah,
2. sakit kepala,
3. kerusakan hati,
4. tekanan darah rendah, dan kulit kebiruan akibat kekurangan oksigen.
5. Meningkatnya pernapasan.
6. Iritasi pada kulit dan mata.
7. Pusing.
8. Perubahan warna kebiruan pada bibir, gusi, kulit, kuku dan area sekitar mata. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam darah.
9. Kerusakan saraf yang berdampak pada kesulitan berjalan.
10. Merasa kebingungan.
11. Kejang-kejang.
12. Perubatan detak jantung jadi lebih cepat atau lebih lambat.

SUMBER VITAMIN B17
Vitamin B17 merupakan senyawa yang banyak ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji buah. Buah persik.,Pepaya.,Apel,Wortel. ,Seledri,Kacang polong,Tauge. ,Biji rami. senyawa ini memiliki potensi dalam pengobatan kanker, tapi ingatlah untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar agar Anda bisa memperoleh manfaatnya.
Demikiannsekilas info tentang vitamin B17, semoga bermanfaat.
RobertoNews 1607 《20.10.22(05.30)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait