Apa Yang Saya Hadapi Polyp Hidung…?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Si Badu anak SD karena sesak nafas minta pulang ternyata dia sakit polyp hidung susah bernafas, mamanya selalu beri Avizon di oles kehidung,beda dengan pak Ferry hidung suka meller,kepala sakit ,bersin selalu ,kepala suka sakit,Dokter THT mevonis dia sakit Polyp Hidung dan harus dioperasi. Masalah polyp hidung hampir tiap hari diperbincangkan orang dan bagaimana solusinya?

“Polip hidung merupakan kondisi pertumbuhan jaringan di saluran pernapasan (hidung). Meskipun beberapa kondisi tidak menimbulkan sakit, tapi polip hidung dapat menyebabkan gangguan pada indra penciuman. Polip hidung disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari faktor keturunan, sinusitis, hingga alergi.” Selain pilek dan sinusitis, polip hidung merupakan keluhan kesehatan yang bisa menyerang orang dengan usia berapa pun. Kondisi medis ini merupakan pertumbuhan jaringan pada saluran pernapasan hidung atau sinus. Udntungnya polip merupakan jaringan lembut yang tak terasa sakit, terlebih lagi tidak bersifat kanker.Jaringan yang tumbuh ini memiliki ukuran yang beragam dengan warna yang serupa. Nah, polip yang tumbuh dengan ukuran besar nantinya bisa menyebabkan masalah lain. Misalnya, menyumbat saluran hidung, hidung berair, kesulitan bernapas, hingga gangguan pada indra penciuman dan perasa.

Polip hidung adalah kelainan pada selaput permukaan hidung. Karakteristiknya berupa massa lunak yang bertangkai, berbentuk bulat atau lonjong, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan licin dan agak bening.Risiko menderita polip hidung semakin meningkat jika Anda memiliki asma, rinitis alergi, dan sinus.Polip hidung merupakan benjolan lunak yang tumbuh di jaringan mukosa hidung dan tumbuh menggantung dengan bentuk seperti anggur. Polip hidung terbentuk saat selaput membran mukosa hidung (selaput lendir) dari saluran pernapasan dan sinus mengalami peradangan. Keberadaan polip hidung tidak bisa disepelekan karena dapat mengganggu pernapasan.
polip hidung dapat berkembang menjadi obstructive sleep apnea atau terganggunya pernapasan ketika sedang tidur. Selain itu, polip hidung juga dapat menyebabkan sinus lebih mudah untuk terinfeksi.

CIRI KHAS GEJALA POLYP HIDUNG:
1. Nyeri pada wajah.
2. Bersin. Dan Sakit kepala.
3. Timbul rasa sakit pada gigi rahang atas.
4. Sekitar mata terasa gatal.
5. Mendengkur.
6. Nafsu makan menghilang.
7. Hidung tersumbat atau berair.
8. Infeksi.
9. Lendir yang jatuh dari belakang hidung ke tenggorokan.
10. Indra penciuman atau perasa berkurang, bahkan mati rasa.

FAKTOR PENYEBAB
1. Sindrom Churg Strauss. :Sindrom ini bisa menjadi penyebab polip hidung. Sindrom ini merupakan kondisi yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah. Hampir semua pengidap sindrom ini akan mengalami asma atau alergi rhinitis.
2. Sinusitis atau Alergi :Seseorang bisa saja memiliki alergi terhadap jamur yang ada di udara.
3. Alergi Rhinitis :Alergi terhadap materi seperti debu dan bulu binatang, sehingga menyebabkan gejala menyerupai pilek.
4. Faktor Keturunan :Ada bukti yang menunjukkan kalau variasi genetis yang berhubungan dengan fungsi sistem imun tubuh, akan membuat seseorang lebih mudah mengidap polip hidung.
5. Asma :Masalah medis ini menyebabkan terjadinya inflamasi dan penyempitan pada saluran udara.
6. Fibrosis kistik :Kondisi ketika tubuh mengalami kelainan genetika sehingga menghasilkan cairan yang kental dan berlebihan pada sistem pencernaan dan pernapasan, termasuk selaput sinus
7. Intoleransi Aspirin
Kondisi ini juga diduga terkait dengan pertumbuhan polip hidung.

PENCEGAHAN
1. Menjaga kehigienisan tangan, artinya sering mencuci tangan dan hindari kebiasaan memasukan jari ke dalam hidung.
2. Upayakan agar udara di rumah lembap.
3. Bila ingin membersihkan hidung, gunakan air garam dalam bentuk spray atau nasal lavage.
4. Hindari iritan hidung, misalnya alergen, debu, asap (rokok, kendaraan bermotor, dsb), uap dari zat kimia.
5. Manajemen alergi dan asma, caranya dapat didiskusikan dengan dokter.

Pengobatan Polip Hidung
Pengobatan polip hidung terdiri dari terapi obat-obatan dan operasi. Terapi obat ditujukan pada polip yang masih kecil dan biasanya dapat ditangani dalam waktu singkat.Selain pemberian obat, tindakan pengangkatan polip juga dapat digunakan melalui operasi. Biasanya operasi ditujukan untuk polip yang besar dan menyebabkan kelainan pada hidung.
Demikian sekilas info, semoga bermanfaat.
RobertoNews 1388 《5.4.22(07.00)》
• Praktisi dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait