Arumi Bachsin Akui Pakai Kompor Induksi Lebih Efisien

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin, mengajak masyarakat Jawa Timur untuk beralih menggunakan kompor induksi. Ia menilai, dengan memakai kompor induksi bisa jauh lebih hemat dibandingkan pakai kompor gas.

Selain lebih hemat, kata Arumi, penggunaan kompor induksi tidak menimbulkan sisa pembakaran seperti kompor yang menggunakan sumber energi fosil, sehingga membuat dapur lebih bersih.

“Saya suka sama kompor induksi karena lebih ramah lingkungan ya. Jadi, tuh enggak ada sisa sisa pembakaran yang ditinggalkan,” ujar Arumi, Rabu (13/7/2022).

Tidak hanya itu, menurutnya, memasak pakai kompor induksi juga jadi lebih praktis dan makanan lebih cepat matang, sehingga lebih menghemat waktu dan energi yang digunakan untuk memasak.

Mantan pesinetron ini pun mengaku pernah melakukan eksperimen untuk mengetahui kecepatan kematangan kompor induksi dan kompor gas. Hasilnya terbukti kompor induksi lebih cepat matang.

“Saya pernah eksperimen merebus air 1 liter dengan kompor biasa dan juga dengan kompor induksi. Nah, untuk kompor gas saya membutuhkan waktu 8 menit baru mendidih, sedangkan pakai kompor induksi hanya 3 menit sudah langsung mendidih, hemat energi kan?” tuturnya.

Lebih dari itu, tampilan kompor induksi sangat menarik dan terlihat bersih. Permukaan kompor yang menggunakan komponen kaca ‘tempered glass’ semakin menunjukan kesan kompor tersebut modern dan canggih.

“Kalau kita perhatikan permukaannya itu kan terbuat dari kaca. Tapi itu bukan kaca biasa, bukan kaca yang tipis, melainkan ‘tempered glass’, jadi sudah pasti tidak mudah retak dan kuat sekali,” lanjutnya. “Nah kalau sudah tahu manfaat menggunakan kompor induksi, ayo beramai-ramai menggunakan kompor induksi,” ajaknya.

Sosialisasi beralih ke kompor induksi terus dilakukan PT PLN (Persero) agar bisa meningkatkan awareness masyarakat terhadap gaya hidup yang lebih sehat. Program ini sejalan dengan perintah Presiden RI Joko Widodo yang meminta percepatan peralihan dari kompor gas ke kompor induksi.

PLN pada tahun ini memiliki program konversi kompor gas ke kompor induksi khususnya bagi 300 ribu pelanggan listrik. Selain itu, PLN juga mendorong para pelanggan golongan mampu untuk bisa beralih ke kompor induksi dengan dukungan promo tambah daya yang diberikan PLN.

Para pelanggan yang membeli kompor induksi akan diberikan diskon tambah daya oleh PLN. Harapannya, dengan dorongan ini penggunaan kompor induksi di Indonesia makin masif. Langkah bersama dalam peralihan ini mampu meningkatkan ketahanan energi nasional. (Gan)

Teks Foto: Istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin, model kompor induksi.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait