HUT Koperasi ke 75 Bupati Ajak Gerakan Koperasi Untuk Maju dan Berkembang

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab hadiri HUT Koperasi ke 75 di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jombang, Selasa (12/7/2022). Acara dilaksanakan sederhana bersama Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekopinda) Kabupaten Jombang juga dihadiri dinas terkait dan Forkopimda.

Tema yang diusung pada hari koperasi tersebut, Transformasi Korrasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan dengan tagline Ayo Berkoperasi dengan tujuan mengembalikan orientasi pembangunan ekonomi dengan koperasi sebagai badan usaha yang mewadahi aktivitas ekonomi masyarakat.

“Untuk menunjang hal tersebut, tentunya dibutuhkan kerja sama sinergi yang kuat dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jombang, Dekopinda dan seluruh masyarakat penggerak Koperasi di Kabupaten Jombang,” ucap Bupati Jombang.

Ia mengatakan, di hari jadi koperasi yang ke 75 itu mengalami perkembangan yang pesat dan membantu pertumbuhan ekonomi daerah. Terlebih saat Pandemi Covid19 telah menyebabkan menurunnya perekonomian dan aktivitas di berbagai sektor. Oleh karenanya upaya pemulihan memerlukan lebih banyak waktu.

“Mengingat pasca kasus pandemi covid 19 di Kabupaten Jombang yang telah melandai, pemulihan ekonomi salah satunya melalui Koperasi menjadi konsentrasi pemerintah Kabupaten Jombang. Peranan Koperasi sangat penting guna membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terutama guna menyalurkan program bantuan atau kredit untuk permodalan para anggotanya,” ulasnya.

Memasuki dunia digital ungkap Bupati, tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian nasional tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk saja, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan gerakan baru di tengah perubahan ekonomi. Menurutnya, masa depan Indonesia berada pada generasi milenial sehingga diharapkan koperasi masuk pada sektor ekonomi kreatif, dimana anak-anak muda saat ini banyak terlibat dalam sektor tersebut.

“Saya berharap pada era digital ini koperasi tetap harus ada karena belum semua pelaku usaha UMKM bisa menjangkau semua melalui platform digital. Gerakan koperasi harus mampu mengikuti dan beradaptasi terhadap perkembangan dan perubahan tersebut, karena kalau tidak maka koperasi akan ketinggalan dan tidak mampu bersaing dengan Badan Usaha lainnya,” tandasnya.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait