Aturan Baru Kapasitas Pengguna Commuter Line

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Public Service Obligation (PSO) atau kebijakan layanan publik merupakan subsidi yang diberikan Pemerintah untuk memberikan pelayanan pada masyarakat. Salah satunya yang ditugaskan KAI Commuter untuk pelayanan angkutan kereta api kelas ekonomi.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, mulai 1 Agustus 2023 KAI Commuter menerapkan penyesuaian terkait aturan jumlah kapasitas pengguna dinamis (load factor) pada perjalanan commuter line di wilayah kerja KAI Commuter.

Sesuai surat dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan No.M.006/3/9/K2/DJKA/2023 Tanggal 17 Juli 2023 tentang Penyesuaian Kapasitas Penumpang, KAI Commuter menyesuaikan kapasitas jumlah pengguna pada 16 pelayanan perjalanan Commuter Line (KA Lokal) di Wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya,” kata Anne, Senin (31/7/2023).

Penyesuaian jumlah kapasitas pengguna tesebut diterapkan pada perjalanan commuter line yang memiliki jarak tempuh perjalanan lebih dari 100 KM dan menggunakan sarana kereta kelas ekonomi (K3).

Aturan kapasitas dinamis penguna yang berlaku sebelumnya sebanyak 150% dari jumlah tempat duduk (100% dengan tempat duduk dan 50 % tiket tanpa tempat duduk), sedangkan aturan baru menjadi 120% dari tempat duduk (100% dengan tempat duduk dan 20 % tiket tanpa tempat duduk).

Selain hal tersebut, dalam kesempatan yang sama Anne juga menyampaikan bahwa saat ini KAI Commuter memberikan kemudahan pada seluruh pengguna dalam hal pembelian dan pemesanan tiket Commuter Line wilayah melalui aplikasi KAI Access.

Disebutkan, pengguna bisa memesan tiket mulai H-7 atau 7 hari sebelum pemberangkatan dengan memasukan data sesuai identitas diri. Untuk pembelian tiket Commuter Line secara langsung hanya dapat dilayani di hari pemberangkatan sepanjang tiket keberangkatan masih tersedia.

“Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat dimana kami hadir,” tutup Anne.

Teks Foto: Berikut 16 pelayanan perjalanan Commuter Line yang mengalami penyesuaian kapasitas pengguna.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait