Bakamla RI Gelar Latihan LPA dengan Belanda

  • Whatsapp

Jakarta, Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. menyambut hangat kedatangan Tim BeDamco dari Belanda, dalam rangka penyelenggaraan Pelatihan Logistic Process Analysis (LPA) di Markas Besar Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).

Kedatangan tim BeDamco Belanda ini terdiri dari tiga orang pejabat BeDamco International Business Partners, antara lain Vice Admiral (Ret) Jan Van Der Burg, Nico Van Dam, dan Hans Mulder BeDamco.

Sehubungan dengan adanya pelatihan Logistic Process Analysis yang resmi dibuka hari ini sampai 21 Oktober 2019, bertujuan untuk meningkatkan efektifitas logistik serta memperbaiki hal-hal terkait pemeliharaan dan kebutuhan logistik di Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG).

Untuk itu Bakamla RI/IDNCG bekerja sama dengan pihak BeDamCo selaku konsultan yang akan melaksanakan analisis serta mengumpulkan data yang diperlukan terkait hal ini. Selanjutnya, data tersebut akan dievaluasi dan diterapkan dalam rangka meningkatkan efektivitas serta kualitas logistik Bakamla RI/IDNCG di masa mendatang.

Disampaikan bahwa proses pengumpulan data LPA dilaksanakan dalam bentuk sesi wawancara oleh pihak BeDamCo. Dalam hal ini, BeDamco juga bertugas melakukan assesment kepada para personel Bakamla RI/IDNCG yang ditunjuk. Personel tersebut adalah jajaran pejabat eselon I, II, dan III, terutama bagi mereka yang menggeluti bidang logistik dan kebutuhan operasional di Bakamla RI/IDNCG.

Hasil dari wawancara yang dilakukan selanjutnya dilaporkan, yang kemudian akan dilakukan evaluasi mengenai hal-hal yang dapat ditindaklanjuti dari hasil tersebut.

Adapun beberapa topik yang dibahas dalam sesi wawancara antara lain: a. Proses logistik yang terjadi saat ini (persediaan, pemeliharaan, kualitas, pembiayaan) di Bakamla RI/IDNCG baik di darat maupun di laut; b. Pelaksanaan manajemen logistik saat ini oleh Bakamla RI/IDNCG (terdiri dari pengumpulan data dan pedoman presentasi kepada pimpinan, dan tugas teknologi informasi (IT) di Bakamla RI/IDNCG; c. Standard Operating Procedures (SOP) di darat dan laut;

d. Insight in Integrated Logistic Support (ILS)/Life Cycle Costs (LCC); e. Visi, Misi, Kebutuhan, Rencana tahunan, Budget, dan Prioritas Bakamla RI/IDNCG; f. Pelatihan personel Bakamla RI/IDNCG dalam bidang Logistik.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *