Bakesbangpol Jatim Gelar Acara Pemantapan Pembauran Kebangsaan

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com- Globalisasi saat ini memberikan perubahan tersendiri bagi tatanan kehidupan di berbagai penjuru dunia. Implikasi terbesar dari keberadaan serta perkembangan globalisasi dan modernisasi adalah pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi.

“Saat ini mencuatnya era industri 4.0 yang ditandai dengan konektivitas sistem informasi dan kecerdasan buatan yang mampu menggerakkan industri dengan sedikit input dari manusia,” ucap Novy Setia Yunas saat menjadi nara sumber dalam acara Pemantapan Pembauran Kebangsaan yang di gelar Bakesbangpol Jawa Timur di Hotel Grand Whiz Trawas, Mojokerto, Rabu 7 April 2021.

Selain itu, paparnya, saat ini semua informasi akan dengan mudah dapat dilihat dari jarak jauh melalui media elektronik digital, gambar ataupun visual mendominasi ruang dan waktu yang memiliki daya ingat sangat besar dibandingkan mendengar.

“Perubahan menuju sistem digital saat ini menimbulkan kegiatan aktivitas manusia menunjukkan ke arah eksperimen tekhnologi digital, dan dalam kenyataannya manusia lebih menikmati dengan dunia digital tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, Dr. Zainal Abidin Achmad dari UPN Veteran Jawa Timur, saat memberikan materinya menyampaikan, dalam situasi saat ini seharusnya demokrasi bisa menumbuhsuburkan budaya kewarganegaraan, karena setiap individu punya tanggungjawab berpartisipasi dalam proses politik.

“Disamping itu, setiap individu harus mampu untuk mengendalikan hak komunikasinya dan berhak untuk tetap mendapat informasi bukan hanya sekedar kebebasan,” ucapnya.

Untuk itu, peran positif negara dalam memberikan kapasitas kepada warga negara untuk menggunakan hak kebebasan sangat dibutuhkan, sehingga mampu menciptakan pemahaman yang seragam.

“Saat ini budidaya informasi memiliki konsekuensi besar pada stabilitas sosial, kohesi sosial politik, pembauran demokrasi. Celakanya, publik mudah percaya tanpa mencari kebenaran dari informasi tersebut,” tambahnya

Sekedar untuk diketahui, dalam acara yang dilaksanakan 7-8 April 2021, juga dihadiri oleh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Bakesbangpol seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. (FA).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait