Bamsoet Minta LHK Segera Padamkan Kebakaran Gunung Sumbing

oleh -123 views

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) segera memadamkan kebakaran yang melanda Gunung Sindoro, Sumbing dan Luwu.

Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bermaterikan Seperti diketahui, Kemen KLH memiliki tim bekaran beranggotakan Manggala Agni, TNI dan Kepolisian.

“Saya minta Tim Karhutla termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah segera memadamkan kebakaran di ketiga gunung itu dan melokalisir titik api agar kebakaran tidak meluas,” kata Bamsoet dalam keterangannya yang diterima Beritalima.com, Rabu (12/9).


Politisi senior Partai Golkar tersebut mengatakan, dalam usaha memadamkan api, bila perlu dunakan water bombing, mengingat banyak area gunung yang sulit dijangkau.

Bamsoet juga mendorong Komisi V DPR dan Komisi VII DPR meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan modifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan, sebagai upaya untuk mempercepat penanggulangan kebakaran hutan dan penyebaran titik api.

Sedangkan warga disekitar ketiga gunung yang terbakar juga dihimbau untuk tidak sengaja membakar hutan dan lahan. “Saya juga minta masyarakat tidak sembarang membuang putung rokok di saat kemarau panjang seperti sekarang. Warga juga diminta menaati dan mengikuti arahan petugas penjaga hutan untuk menghindari adanya korban jiwa,” demikian Bambang Soesatyo. (akhir)