Bamsoet Minta Satgas Karhutla Padamkan Kebakaran Gunung Cere

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com|Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong pihak berwenang terus berjuang memadamkan kebakaran hutan di Taman Nasional Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang berlangsung sejak lima hari lalu. Areal kebakaran sudah lebih dari 380 hektare.

Dikatakan politisi senior Partai Golkar tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yakni Manggala Agni, TNI, Kepolisian, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus berupaya melakukan pemadaman lahan yang terbakar.

Selain itu, juga perlu segera melokalisir titik api, guna mencegah meluasnya wilayah hutan yang terbakar. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) agar melakukan modifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan, sebagai upaya mempercepat penanggulangan kebakaran hutan dan penyebaran titik api.

“Karena adanya kendala cuaca, membuat tim tidak bisa mengoperasikan helikopter water bombing sehingga upaya pemadaman dilakukan secara manual,” jelas pria yang akrab disapa Bamsoet ini di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (13/8).

Wakil rakyat dari Dapil VII Provinsi Jawa Tengah tersebut juga mendorong BPBD bersama tim gabungan untuk terus melakukan evakuasi semua pendaki yang masih berada di jalur-jalur pendakian, mengingat masih ada pendaki di jalur Palutungan yang belum dievakuasi.

“Mengimbau warga di sekitar gunung dan para pendaki gunung untuk menaati dan mengikuti arahan dari petugas terkait penutupan jalur pendakian Taman Nasional Gunung Ciremai pada empat jalur pendakian, guna menghindari adanya korban jiwa,” demikian Bambang Soesatyo. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *