Bangun 4 Gedung Puskesmas Baru, Dinkes Kucurkan Dana Rp 40 miliar

  • Whatsapp

BANGKALAN, Beritalima.com– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan mengucurkan dana sebesar Rp 40 miliar untuk membangun 4 gedung Puskesmas baru.

4 gedung baru yang akan dibangun itu ditempatkan di wilayah Kecamatan Galis, Sepuluh, Kwanyar, dan Tongguh, Kabupaten Bangkalan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Sudiyo menuturkan, dari 4 gedung baru yang akan dibangun, rata-rata mendapatkan kucuran anggaran dana sebesar Rp 10 miliar.

“Rata-rata 10 M (miliar), ada yang 9 M dan juga 11 M, tergantung luas tanahnya. Itu yang DAK (dana alokasi khusus) farmasi,” tuturnya.

Dikatakan Sudiyo, gedung-gedung tersebut akan dibangun pada tahun 2019 ini. Saat ini kata dia, masih tahap lelang konsultan perencanaan. “Baru nanti lelang untuk pembangunan fisiknya,” ungkapnya.

Dijelaskan dia, kapasitas pembangunan 4 gedung Puskemas baru itu akan bertaraf nasional. Mulai dari pembangunan fisik, serta sarana dan prasarananya.

“Kita mempunyai prototip standar nasional, sebenarnya yang dibangun untuk daerah perbatasan, daerah terpencil, kemudian daerah tertinggal. Bangkalan ini kan daerah tertinggal,” tandasnya.

Nur Hasan Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bangkalan menyampaikan bahwa, dana pembangunan 4 gedung puskesmas itu sangat besar. “Iya dananya besar-besar, sekarang itu masih tahap lelang konsultan,” ucapnya.

Dikatakan dia, rata-rata setiap pembangunan Puskemas itu mendapatkan kucuran dana sebesar 11 miliar. “Untuk fisik itu 6 miliar, yang untuk alkes (alat kesehatan) sebesar 5 miliar,” ujarnya. (Rus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *